6 Tips Merawat Gigi Dengan Baik dan Benar Yang Wajib Diketahui

Setiap orang pasti ingin memiliki gigi yang bagus tetapi nyatanya tidak semua orang mengetahui bagaimana cara dan tips merawat gigi dengan baik. Banyak yang merasa sudah rutin menggosok gigi namun masih saja mengalami masalah pada gigi atau gusi, coba anda perhatikan apakah cara yang anda lakukan sudah benar? mungkin saja masalah yang sering terjadi akibat adanya kesalahan yang tidak anda sadari. untuk itu, simak tips merawat gigi yang benar di bawah ini.

Rutinlah Menggosok Gigi

Terkadang karena beberapa alasan, ada saja orang yang masih malas untuk rutin menggosok gigi. Padahal ini sangat tidak baik bagi kesehatan mulut. Jika anda ingin merawat gigi dengan baik, maka mulailah untuk merutinkan menggosok gigi. Menggosok gigi wajib dilakukan saat pagi atau malam hari dan setelah makan.

Lakukan Teknik Menggosok Gigi Yang Benar

Dalam menggosok gigi, ada hal penting yang sering diabaikan oleh orang lain. Kebanyakan orang menggosok gigi secara sembarangan tanpa memperhatikan teknik yang benar. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui teknik menggosok gigi yang benar seperti apa. Perhatikan saat anda memegang sikat gigi, arahkan 45 derajat dari gusi, kemudian gerakkan sikat ke kanan  dan kiri secara berulang, kemudian lakukan gerakan dari atas ke bawah dan sebaliknya pada bagian gigi depan, lakukan gerakan memutar dan kenakan sedikit pada bagian gusi. Lakukan secara perlahan.

Jangan Menekan Terlalu Kuat

Tips merawat gigi dengan baik selanjutnya yaitu jangan menekan sikat terlalu kuat saat sedang menggosok gigi. Terkadang hal ini sering dilakukan apalagi jika ingin cepat selesai atau buru-buru sehingga tanpa disadari, tekanan saat sedang menggosok gigi terlalu besar. Akibat dari terlalu menekan bisa menyebabkan email gigi rusak dan gusi menjadi lecet.

Jangan Terlalu Sering Menggosok Gigi Setiap Hari

Teknik Menggosok Gigi Yang Benar

Teknik Menggosok Gigi Yang Benar

Demi menjaga gigi agar senantiasa bersih, anda tidak perlu terlalu sering menggosok gigi hingga lebih dari 3 kali dalam sehari. Mengapa demikian? Ya… karena idealnya menggosok gigi dalam sehari hanya 2-3 kali saja. Jika lebih dari itu maka dikhawatirkan akan merusak lapisan gigi.

Tips Merawat Gigi Dengan Baik Dengan Membersihkan Lidah

Di dalam mulut, tidak hanya bagian gigi dan gusi saja yang perlu diperhatikan tetapi ada bagian lainnya yang juga harus dibersihkan agar mulut tetap bersih dan terhindar bau tidak sedap, bagian tersebut yaitu lidah. Selain pada gigi, bakteri juga bisa berdiam di lidah sehingga saat sedang menggosok gigi, jangan lupa untuk membersihkannya menggunakan pembersih khusus lidah.

Berkumur Dengan Antiseptik

Berkumur Dengan Antiseptik

Berkumur Dengan Antiseptik

Tips merawat gigi dengan baik yang terakhir yaitu menggunakan cairan pembersih mulut yang mengandung antiseptik. Usai menggosok gigi, lengkapi perawatan dengan berkumur-kumur menggunakan cairan antiseptik. Hal ini dapat membantu membunuh kuman lebih maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Welcome to Cara-wanita.com

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)