Welcome to Cara-wanita.com

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)
5 Resep Perawatan Wajah Tradisional - Cara Wanita

5 Resep Perawatan Wajah Tradisional

Perawatan wajah tradisonal banyak dilakukan oleh para wanita bangsawan tempo dulu. Mereka meramu berbagai bahan alami seperti aneka buah-buahan, umbi-umbian, kunyit, dan lain sebagainya. Hasilnya adalah wajah yang cantik alami, bersih, halus, dan awet muda.

Resep tradisional tersebut digunakan secara turun-temurun hingga generasi saat ini. Terbukti beberapa produsen kosmetika kenamaan menyajikan masker wajah tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami. Nah, Andapun bisa melakukan perawatan wajah tradisional dengan mengikuti resep-resep berikut ini:

Masker Beras

Masker Beras

Masker Beras

Beras dapat dipergunakan sebagai bahan dasar masker maupun lulur. Untuk membuat masker beras, caranya: cuci bersih 1 genggam beras lalu rendam dalam air bersih selama semalam. Selanjutnya tumbuk hingga halus. Campurkam sedikit air kunyit dan 2 sendok teh madu asli. Aduk hingga rata. Gunakan ramuan ini sebagai masker untuk mengatasi noda-noda hitam pada kulit serta menghaluskan kulit.

Masker Buah

Masker pepaya

Masker pepaya

Buah-buahan yang bisa Anda gunakan untuk perawatan wajah tradisional, antara lain pepaya, tomat, pisang, alpukat, strawberry serta mentimun.

  • Masker pepaya bermanfaat untuk membantu melepaskan sel-sel kulit mati sehingga kulit lebih halus dan licin.
  • Masker tomat bermanfaat menghaluskan serta menutrisi kulit.
  • Masker pisang bermanfaat untuk menghaluskan dan melembabkan kulit.
  • Masker alpukat bermanfaat untuk melembutkan serta melembabkan kulit
  • Masker strawberry bermanfaaat untuk menghaluskan kulit
  • Masker mentimun bermanfaat untuk melembabkan serta mengurangi flek-flek hitam pada kulit.

Cara menggunakan masker buah: Buah dicuci hingga bersih, ambil secukupnya lalu blender hingga halus. Selanjutnya gunakan pada seluruh permukaan wajah yang telah dibersihkan. Tunggu beberapa saat (20-30 menit), kemudian bilas menggunakan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin.

Masker Bengkoang

Masker Bengkoang

Masker Bengkoang

Bengkoang merupakan salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit. Khasiat bengkoang adalah untuk menghaluskan serta  mencerahkan kulit. Sari pati bengkoang dipergunakan sebagai bahan pemutih pada krim perawatan wajah serta lotion. Anda pun bisa menggunakan bengkoang sebagai masker wajah alami. Cara membuat masker bengkoang tidak sulit: siapkan satu buah bengkoang berukuran sedang. Kupas kulitnya, lalu cuci hingga besih dan patut. Peras airnya dan tempatkan pada wadah. Tunggu beberapa saat hingga timbul endapan pati bengkoang. Buang airnya, beri sedikit air, aduk rata dan gunakan sebagai masker. Diamkan selama 20-30 menit, lalu basuh menggunakan air bersih.

Masker Madu

Masker Madu

Masker Madu

Madu tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh saja, namun juga dapat dipergunakan sebagai masker lho. Masker madu berkhasiat untuk menghaluskan serta mengatasi flek-flek hitam pada wajah. Cara menggunakannya: Ambil 2 sendok makan madu asli, dan tempatkan pada sendok sayur stainless. Bakar  di atas api (Anda bisa menyalakan lilin). Tunggu hingga madu mencair dan menghangat. Gunakan madu hangat pada seluruh permukaan wajah sambil dipijat secara perlahan. Diamkan selama 30 menit, lalu basuh menggunakan air bersih.

Masker Telur

Masker Telur

Masker Telur

Telur mengandung banyak protein serta nutrisi penting lainnya. Telur juga dapat digunakan sebagai masker wajah untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit. Kuning telur sesuai untuk jenis kulit normal dan kering, sedangkan putih telur sesuai untuk jenis kulit normal dan berminyak.

Cara menggunakannya, siapkan putih telur atau kuning telur (sesuaikan dengan jenis kulit Anda) sebanyak 2 sendok teh. Aduk perlahan, lalu gunakan ke seluruh permukaan wajah kecuali pada area mata dan bulu. Tunggu selama 20 menit, selanjutnya basuh menggunakan air bersih.

Demikian beberapa resep perawatan wajah tradisional. Selamat mencoba!