Welcome to Cara-wanita.com

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)
Tips Merawat Wajah Berjerawat Secara Alami - Cara Wanita
Perawatan Kulit dan Wajah

Tips Merawat Wajah Berjerawat Secara Alami

Tips merawat wajah berjerawat – Jerawat sendiri sebenarnya bukan gangguan kulit yang berbahaya, namun dianggap sebagai pengganggu penampilan bagi sebagian besar wanita. Mereka yang memiliki permasalahan tersebut, beberapa ada yang memilih untuk langsung ke dokter kulit dan kecantikan, namun tak sedikit pula yang memilih melakukan treatment secara mandiri menggunakan bahan- bahan alami. Selain dinilai lebih murah, bahan-bahan alami yang dipakai juga dinilai lebih aman untuk digunakan. Sebelum melakukan perawatan pada kulit berjerawat, ada baiknya Anda mengetahui faktor apa saja yang bisa menyebabkan kulit berjerawat.

Faktor Penyebab Jerawat

faktor penyebab jerawat

faktor penyebab jerawat

Jerawat yang timbul di wajah ada karena adanya faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut umumnya berasal dari dalam dan juga dari luar tubuh. Sebelum Anda mencari tahu tips merawat wajah berjerawat, Anda juga harus mencari tahu terlebih dahulu hal-hal apa saja yang bisa menimbulkan jerawat. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam melakukan perawatan selanjutnya. Berikut ini faktor- faktor pemicu terjadinya jerawat.

  1. Faktor Genetik

Faktor bawaan dari orang tua ini nyatanya juga bisa menurun ke anak. Jika orang tua Anda memiliki kulit berminyak dan berjerawat, kemungkinan besar Anda akan mengalami hal yang sama. Hal yang bisa Anda lakukan yaitu merawat kulit yang berjerawat tersebut sesuai dengan tips merawat wajah berjerawat yang akan dibahas selanjutnya.

  1. Faktor Hormon

Anda yang sedang mengalami masa pubertas seringkali mengalami masalah hormon yang tak seimbang. Pada masa ini pula, produksi hormon androgen juga melonjak. Hormon penyebab jerawat ini akan memperbesar produksi sebum sehingga kemungkinan timbulnya jerawat juga akan meningkat.

  1. Kurang Menjaga Kebersihan Wajah

Selain faktor dari dalam, ada pula faktor dari luar yang bisa menimbulkan munculnya jerawat. Kebiasaan buruk seperti kurang menjaga kebersihan wajah bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Padahal membersihkan wajah merupakan hal terpenting dalam proses perawatan kulit berjerawat. Sebab, kotoran seperti debu, bekas make up hingga bakteri bisa menimbulkan jerawat apabila tak dibersihkan secara benar dan rutin.

Setelah mengetahui faktor apa saja yang bisa menimbulkan jerawat, sekarang saatnya Anda mengetahui berbagai tips merawat wajah berjerawat. Apa saja tipsnya? Berikut ulasannya.

Tips Merawat Kulit Berjerawat Secara Alami

faktor penyebab jerawat

faktor penyebab jerawat

  • Bersihkan Wajah Secara Teratur

Rajin membersihkan wajah secara benar dan teratur merupakan tips pertama dan utama yang harus Anda lakukan untuk merawat kulit berjerawat. Sebab kotoran yang menempel di wajah setelah beraktivitas seharian dapat memperparah jerawat Anda apabila tidak dibersihkan secara teratur.

  • Hindari Kosmetik Berat

Sebisa mungkin hindari make up berat seperti penggunaan foundation dan bedak padat. Dua produk tersebut bisa menyumbat pori-pori di kulit wajah Anda. Anda bisa menggunakan bedak tabur atau bedak bayi yang lebih aman sebagai gantinya.

  • Menggunakan Masker Alami Seperti Madu

Selama ini, madu sudah dipercaya secara ampuh dapat menghilangkan jerawat hingga bekasnya. Selain alami, cara menggunakannya pun cukup mudah. Sebelum mengoleskan madu ke wajah, bersihkan dahulu wajah Anda. Setelahnya, oleskan madu tersebut dan tunggu beberapa menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air. Lakukan treatment ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  • Rajin Konsumsi Air Putih

Minum air putih secara rutin sesuai porsi merupakan tips merawat wajah berjerawat yang terakhir. Air putih ini memiliki peranan penting dalam proses penyembuhan jerawat. Selain itu, proses metabolisme dalam tubuh juga akan ikut terbantu.