Welcome to Cara-wanita.com

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)
6 Cara Membersihkan Wajah Secara Alami - Cara Wanita
Perawatan Kulit dan Wajah

6 Cara Membersihkan Wajah Secara Alami

Cara membersihkan wajah secara alami merupakan cara paling aman yang bisa dilakukan oleh Anda yang takut menggunakan bahan kimia yang banyak terkandung dalam produk kecantikan di pasaran. Seperti yang sudah diketahui, membersihkan wajah merupakan hal penting untuk dilakukan. Hal ini berhubungan dengan kesehatan serta kebersihan wajah Anda. Sisa makeup atau kotoran serta debu yang menempel di wajah setelah beraktifitas seharian dapat menimbulkan berbagai permasalahan seperti komedo hingga jerawat apabila tidak dibersihkan secara rutin dan benar. Berikut ada beberapa cara membersihkan wajah secara alami yang bisa Anda terapkan demi menjaga kebersihan dan kesegaran wajah.

Cuci Wajah dengan Air Bersih

cuci wajah

cuci wajah

Mencuci wajah menggunakan air bersih merupakan cara pertama dan utama yang perlu Anda lakukan. Salah menggunakan air justru bisa menimbulkan jerawat karena bakteri dan kuman yang dibawa air tersebut. Saat mencuci wajah, Anda juga boleh menggunakan sabun namun jangan terlalu sering. Menggunakan sabun wajah secara berlebihan justru tidak baik karena bisa menghilangkan minyak alami sehingga kulit akan menjadi kering. Keadaan kulit kering ini justru bisa merangsang kelenjar untuk memproduksi minyak berlebih, wajah pun akan makin terlihat berminyak serta kusam.

Jangan Mengeringkan Wajah dengan Menggosokkan Handuk

wajah dengan handuk

wajah dengan handuk

Setelah mencuci wajah dengan menggunakan air bersih, cara membersihkan wajah secara alami selanjutnya yaitu proses mengeringkan wajah. Jangan sekali-kali mengeringkan wajah dengan cara menggosokkan ke handuk. Lebih baik Anda menggunakan tissue berbahan lembut untuk mengeringkannya. Atau bila tidak memungkinkan, boleh menggunakan handuk namun dengan cukup menepuk-nepukkannya ke wajah. Hal ini perlu diperhatikan karena kulit, terlebih bagian wajah sangat sensitif dengan iritasi. Hal lain yang perlu Anda perhatikan yaitu kebersihan dari handuk itu sendiri. Jangan sampai kuman yang ada di handuk berpindah ke wajah Anda.

Perhatikan Penggunaan dan Bahan Kapas

Seperti yang telah disebutkan, kulit wajah sangat sensitif sehingga rentan terhadap iritasi. Oleh karena itu, memilih bahan kapas merupakan hal yang penting juga. Gunakan kapas berbahan lembut untuk digunakan saat membersihkan wajah dengan pembersih make up.

Jangan Bersihkan Wajah Menggunakan Air hangat

cuci wajah air hangat

cuci wajah air hangat

Selanjutnya, hindari atau kurangi penggunaan air hangat untuk membersihkan wajah. Menggunakan air hangat secara berlebih saat membersihkan wajah justru bisa menghilangkan kelembaban alami kulit wajah. Gunakan air hangat saat diperlukan saja, misalnya saat akan menggunakan masker. Fungsinya yaitu untuk membuka pori-pori agar bahan-bahan dalam masker dapat terserap ke kulit dengan mudah.

Bersihkan Sisa Make Up

bersihkan sisa makeup

bersihkan sisa makeup

Sebelum membersihkan wajah dengan air bersih, usahakan menggunakan susu pembersih dan penyegar agar kotoran dapat terangkat dengan sempurna. Karena pada kenyataannya, menggunakan air saja belum cukup, terlebih jika Anda sering ber-makeup tebal.

Masker Wajah

masker wajah limun

masker wajah limun

Cara membersihkan wajah secara alami yang terakhir yaitu rajin menggunakan masker wajah dengan bahan alami. Masker sendiri sangat berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan menutrisi serta meremajakan kulit wajah Anda. Berbagai bahan alami dapat manfaatkan, misalnya jeruk nipis, lidah buaya hingga pisang dan madu. Jika Anda menggunakan jeruk nipis, maka cukup dengan mengoleskan air perasannya ke wajah menggunakan kapas halus. Setelah kering, bilas dengan air bersih. Begitu pula jika Anda menggunakan lidah buaya. Anda tinggal mengoleskan gel lidah buaya ke seluruh wajah, tunggu sekitar 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Jika Anda ingin wajah bersih, lelbab dan kencang, bisa menggunakan gabungan pisang dan madu. Campurkan pisang yang telah dihaluskan dengan satu sendok madu. Gunakan sebagai masker, kemudian diamkan kurang lebih 20 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.