Inilah 15 Etika dalam Rapat atau Pertemuan yang Perlu Diketahui Karyawan dan Kalangan Profesional

15 Etika dalam Rapat atau Pertemuan yang Perlu Diketahui—Etika dapat diartikan sebagai perilaku manusia yang normatif dan etis dengan memberikan pedoman atau norma-norma tertentu seperti bagaimana seharusnya seseorang melakukan perbuatan dan tidak melakukan suatu perbuatan.  Etika ini bersifat absolut yang berarti tidak dapat ditawar-tawar lagi. Jika itu adalah perbuatan baik maka akan mendapat pujian, akan tetapi jika perbuatan yang kurang baik maka akan mendapat sanksi. Etika juga berlaku tidak bergantung pada ada atau tidaknya orang yang hadir seperti misalnya ketika rapat kerja.

Etika dalam Rapat

Etika dalam Rapat

Rapat kerja memang tidak selamanya menyenangkan. Akan tetapi ketika Anda diminta untuk menghadiri rapat, maka Anda perlu melakukannya dengan sikap hormat dan profesional diantara para peserta rapat. Untuk menjaga citra positif selama rapat maka Anda harus tahu mengenai 15 Etika dalam Rapat atau Pertemuan yang Perlu Diketahui berikut ini.

15 Etika Dalam Rapat atau Pertemuan yang Perlu Diketahui

  1. Berbaur dengan Orang Lain

Hal pertama yang harus dilakukan adalah berbaur dengan peserta rapat lainnya, baik dengan sesama rekan kerja, atasan dan calon klien sebelum pertemuan dimulai. Jika berkesempatan temui peserta lain dan perkenalkan diri Anda.

  1. Ringkas Dalam Berkata-Kata

Katakan apa yang perlu Anda katakan seperlunya, sehingga tidak terlalu panjang lebar dan usahakan tidak mengulanginya atau pun memberi informasi yang tidak perlu.

  1. Memulai dengan Berjabat Tangan

Jika Anda memiliki jabatan lebih tinggi atau berperan sebagai host dalam sebuah rapat, maka mulailah terlebih dahulu dengan menjulurkan tangan.

  1. Berdiri Ketika Diperkenalkan

Dengan berdiri maka akan membantu membangun keberadaan Anda sehingga tidak mudah bagi orang lain untuk mengabaikan keberadaan Anda.

  1. Datang Tepat Waktu

Pastikan datang dengan tepat waktu sehingga tidak mengganggu jalannya rapat.

  1. Memakai Busana Tepat

Dengan memakai busansa yang tepat maka akan meningkatkan reputasi profesional seseorang. Selalu cari tahu dress code yang digunakan dalam sebuah pertemuan dan pestikan pakaian tersebut sesuai dengan pedoman.

  1. Tidak Menarik Kursi Peserta Lainnya

Di dalam suasana bisnis maka Anda harus meninggalkan berbagai aturan-aturan mengenai gender sosial.

  1. Membawa Agenda yang Jelas

Jika Anda yang berperan sebagai host, maka sangat penting bagi Anda untuk tetap pada jalur tujuan utama diadakannya rapat tersebut. Jika Anda mulai menyimpang maka pastikan ada teman Anda yang mengarahkan kembali pada jalur yang benar.

  1. Berbicara dengan Jelas

Berbicaralah dengan cukup lantang dan intonasi yang jelas sehingga semua orang dapat mendengar apa yang Anda katakan.

  1. Memahami Aturan

Pahami berbagai aturan yang tidak tertulis. Karena akan sangat tidak sopan ketika Anda menyela orang lain yang sedang berbicara.

  1. Hanya Boleh Minum

Hindari makan di meja pertemuan, kecuali pada saat sarapan, makan siang atau pertemuan makan malam.

  1. Tidak Menggunakan Handphone Jika Tidak Perlu

Jika tidak diperlukan, maka hindari meletakan handphone diatas meja karena akan mengganggu jika tiba-tiba ada telpon masuk.

  1. Tidak Menyimpan Pertanyaan Di Akhir

Ajukan pertanyaan pada saat yang tepat dan tidak mulai bertanya dengan menambahkan informasi yang tidak penting.

  1. Datang dengan Penuh Persiapan

Sebelum hadir dalam rapat, ketahui maksud dan tujuan rapat tersebut serta bagian Anda nantinya.

  1. Duduk Berdasarkan Posisi

Sesuaikan posisi kursi Anda hingga sesuai dengan peserta lain. Hindari menyilangkan kaki kerena akan mengganggu peserta lainnya.

 

Nah, itulah ulasan mengenai 15 Etika dalam Rapat atau Pertemuan yang Perlu Diketahui. Semoga bermanfaat.

Welcome to Cara-wanita.com

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)