Dunia Pria Dunia Wanita Lain-lain

6 Tips Lolos Wawancara Kerja Bagi Kamu Fresh Graduate

Bagi anda yang ingin menjalani proses wawancara kerja, tentunya anda harus memperhatikan beberapa Tips Lolos Wawancara Kerja. Melakukan wawancara kerja tentunya menjadi bagian yang penting dalam suatu penawaran kerja. Bayangkan pekerjaan imipian anda sudah di depan mata dan kini saatnya anda menunjukkan bahwa anda memang layak mendapatkan pekerjaan tersebut. Nah, simak tips-tips berikut ini.

Berpenampilan menarik dan rapi

Salah satu tips lolos wawancara kerja adalah berpenampilan menarik dan rapi. Pada saat anda dipanggil untuk wawancara kerja, pakailah pakaian yang sopan dan formal layaknya orang bekerja. Penampilan merupakan “first impression” atau kesan pertama yang anda perlihatkan kepada pihak perusahaan. Melalui penampilan, anda harus meyakinkan pewawancara bahwa anda serius dan tidak main-main untuk bekerja di perusahaan mereka. Jika anda tampil asal-asalan atau tidak rapi, maka anda terkesan tidak serius dan anda bisa kehilangan kesempatan anda.

Tepat waktu

Selain berpenampilan menarik dan rapi, datanglah tepat waktu pada proses wawancara. Lebih baik lagi apabila anda datang sebelum jam wawancara. Selain anda memiliki waktu untuk mempersiapkan diri anda, anda juga akan memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang disiplin dan menghargai waktu. Bayangkan jika anda terlambat untuk wawancara kerja, kemungkinan besar nama anda akan dicoret. Jadi tunjukkanlah bahwa anda akan menjadi pegawai yang memang siap bekerja serta disiplin.

Percaya diri

Tips lolos wawancara kerja selanjutnya adalah percaya diri. Percaya diri alias pede sangat dibutuhkan apabila anda menghadiri wawancara kerja. Jika anda percaya diri, maka anda pun dapat menjawab pertanyaan dengan baik dan mantap. Orang yang tidak percaya diri pada proses wawancara kerja tersebut bisa berkurang poinnya atau kemungkinan mudah untuk “tersingkir”. Jika anda percaya diri maka anda akan memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang optimis dalam bekerja. Janganlah menunjukkan keraguan atau merendahkan kemampuan anda ketika proses wawancara. Namun perlu diingat, jangan terlalu percaya diri, ya! Percaya diri yang berlebihan juga terkadang tidak baik yang nanti akan membuat anda terkesan narsis dan membuat orang lain menjadi “ilfeel”.

Sudah mengetahui latar belakang perusahaan

Sebelum anda menjalani proses wawancara dengan pihak perusahaan, ada baiknya anda melakukan research mengenai perusahaan tersebut. Pihak perusahaan dijamin akan impressed atau terkesan apabila anda sudah mengetahui latar belakang perusahaan. Jika anda sudah mengetahui seluk-beluk perusahaan, maka anda akan terlihat lebih siap untuk bekerja dan tentunya menjadi poin plus untuk anda. Dengan demikian anda pun dinilai serius dan niat untuk mengambil posisi pekerjaan yang ditawarkan tersebut.

Jawaban wawancara yang memuaskan

Menjawab pertanyaan dalam sesi wawancara kerja tentunya snagatlah krusial. Penilaian tentunya sebagian besar berasal dari jawaban yang anda berikan. Oleh sebab itu berikanlah jawaban yang “to the point” alias tidak bertele-tele. Selalu berikan jawaban yang terkesan positif dan hindari kata “tidak” dalam menjawab. Meskipun pada kenyataannya anda memang tidak bisa di bidang tertentu, janganlah menjawab bahwa anda tidak bisa. Jawablah dengan yakin bahwa anda “bisa” lalu yakinkan pewawancara bahwa selanjutnya anda merupakan orang yang dapat belajar hal baru dan pekerja keras.

Pola komunikasi yang baik

Pada saat diwawancara, lakukanlah pola komunikasi yang baik. Hal ini dapat dilakukan melalui kontak mata, senyum, suara, dan bahasa tubuh atau gesture anda. Jika anda ditanya, lakukan kontak mata dengan si pewawancara. Janganlah melihat ke atas, kanan, atau kiri. Selain itu berbicaralah dengan suara yang tenang dan jangan terlalu pelan. Selanjutnya janganlah membuat gesture yang memberikan kesan negatif misalnya memijat-mijat tangan karena gugup. Dan yang paling penting jangan lupa untuk tersenyum agar anda terlihat ramah dan relax.

Itulah 6 Tips Lolos Wawancara Kerja. Semoga dapat membantu anda yang akan menghadapi wawancara kerja. Semoga berhasil!

Artikel Cara Wanita ini dikenal, sbb :

CARA CEPAT DAN TEPAT MENGHILANGKAN JERAWAT MENURUT DOKTER -