Bayi dan Anak Dunia Wanita Kesehatan

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Memicu Kanker Serviks

Pada umumnya para wanita tidak sadar akan Kebiasaan Buruk yang Dapat Memicu Kanker Serviks. Padahal kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mematikan bagi wanita. Meskipun kanker ini disebabkan virus, namun ternyata kebiasaan atau pola hidup anda juga dapat memicunya, loh! Nah, berikut 6 kebiasaan buruk pemicu kanker serviks.

Menggunakan air kotor

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat memicu kanker serviks adalah menggunakan air kotor pada saat anda membersihkan Miss V. Misalnya saja sehabis anda buang air kecil, anda menggunakan air yang kotor untuk membasuh area Miss V anda. Air kotor mengandung banyak kuman dan bakteri. Apabila anda menggunakan air tersebut maka kuman dan bakteri akan bersarang di Miss V anda dan akan mendatangkan penyakit. Oleh sebab itu ketika anda ingin membasuh area Miss V anda, pastikan air yang akan anda gunakan adalah air bersih.

Mengkonsumsi makanan berbahan kimia

Kebiasaan buruk lainnya yang dapat memicu kanker serviks adalah mengkonsumsi makanan berbahan kimia. Makanan yang mengandung pemanis buatan, perasa buatan atau MSG, perwarna buatan, dan pengawet tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan anda. Jika anda sering mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan kimia, maka hal tersebut akan memicu pertumbuhan sel kanker, seperti kanker serviks. Oleh sebab itu makanlah makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung nutrisi dan vitamin untuk tubuh anda. Selain itu anda juga dapat mengkonsumsi sayuran atau buah-buahan organik.

Diet yang salah

Diet yang salah juga merupakan pemicu kanker serviks, loh! Memang diet merupakan hal yang wajar dan sah-sah saja untuk dilakukan. Namun jika anda sedang menjalankan program diet, pastikan anda melakukan diet dengan benar. Diet bukan berarti tidak makan. Misalnya saja anda tidak makan seharian demi menjadi kurus. Tentunya hal tersebut merupakan diet yang sangat salah. Diet yang benar adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi dan gizi yang cukup untuk tubuh. Jika anda melakukan diet yang salah maka akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan serta menurunkan kondisi kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh anda terganggu maka anda akan mudah terkena virus serviks.

Merokok

Bagi anda yang suka merokok, sebaiknya mulai saat ini anda berhenti merokok. Merokok ternyata dapat memicu kanker serviks. Rokok mengandung zat-zat yang sangat berbahaya untuk tubuh seperti nikotin, tar, arsenik, benzene, ammonia, dan lain sebagainya. Ketika merokok, setiap hisapan akan menghasilkan banyak sel dan jaringan dalam tubuh rusak. Kerusakan pada sel atau jaringan tubuh tersebut juga dapat terjadi di rahim anda. Oleh sebab itu, stop merokok agar tubuh anda menjadi lebih sehat.

Berganti-ganti pasangan

Berganti-ganti pasangan dalam hubungan intim juga sangat tidak baik bagi kesehatan. Orang yang memiliki kebiasaan buruk berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan intim memiliki peluang besar untuk terkena penyakit menular seksual. Hal ini disebabkan karena penularan virus sangat mudah melalui alat kelamin. Jika anda sudah terkena virus dan terjangkit penyakit kelamin, maka selanjutnya anda akan lebih mudah untuk terkena virus serviks.

Tidak menjaga kebersihan Miss V pada saat haid

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan pada saat haid yaitu ketika anda menggunakan pembalut dalam waktu yang lama bahkan sampai seharian pada saat haid. Hal tersebut tentunya akan memicu kuman dan virus. Jadi ketika anda haid, usahakanlah untuk mengganti pembalut minimal 4 jam sekali. Dengan begitu kebersihan Miss V anda pun akan terjaga.

Begitulah 6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Memicu Kanker Serviks. Jagalah pola hidup dan jangan sungkan untuk check-up ke dokter secara rutin. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Artikel Cara Wanita ini dikenal, sbb :

menjaga wajah tetap putih dan mulus -