Dunia Wanita

6 Cara Mengajarkan Anak tentang Kesabaran

Cara Mengajarkan Anak tentang Kesabaran– Menjadi sabar tentunya merupakan hal yang sangat sulit. Namun buah dari sabar tentunya sangat manis. Kesabaran merupakan nilai yang sangat postif oleh sebab itu harus diajarkan sedini mungkin. Jika anda memiliki anak, tidak ada salahnya untuk mengajarkannya tentang kesabaran. Berikut 6 cara mengajarkan anak anda untuk bersabar.

Jadi Panutan

Mengajarkan Anak tentang Kesabaran

Mengajarkan Anak tentang Kesabaran

Cara mengajarkan anak tentang kesabaran yaitu menjadi panutan bagi anak anda. Sebelum anda mengingingkan anak anda untuk bersabar, anda terlebih dahulu harus menjadi orang yang sabar. Hal ini dikarenakan anak cenderung mencontoh orang tuanya. Oleh sebab itu manfaatkanlah hal ini agar anak anda dapat belajar sabar melalui anda. Menjadi panutan untuk bersabar dapat anda lakukan melalui perkataan dan bahasa tubuh anda.

Berikan Penjelasan

Cara mengajarkan anak tentang kesabaran selanjutnya adalah dengan memberikan penjelasan. Jelaskan pada anak anda mengenai makna sabar. Hal ini dapat membuat andak anda mengerti mengenai kesabaran itu sendiri serta dampak positif apa saja yang akan didapatkan jika bersabar. Berilah penjelasan dengan kata-kata yang lembut serta mudah dipahami anak-anak.

Tunda Keinginan Anak

Mengajarkan Anak tentang Kesabaran

Mengajarkan Anak tentang Kesabaran

Salah satu cara yang ampuh untuk mengajarkan anak anda sabar adalah dengan menunda keinginan anak. Pada umumnya anak-anak pasti meminta sesuatu dari orang tua. Biasanya anak juga akan merengek jika keinginannya tersebut tidak terpenuhi. Nah, pada saat anda mengalami kondisi seperti ini anda harus bisa menjelaskan pada anak anda untuk menunda keinginannya tersebut. Janganlah langsung menuruti keinginan anak anda. Gunakanlah alasan yang masuk akal agar anak anda dapat mengerti. Namun untuk tidak menjatuhkan harapan anak anda tersebut, anda harus memastikan bahwa menunda bukan berarti membatalkan. Oleh sebab itu di lain waktu anda tetap harus memenuhi keinginan tersebut sehingga anak pun dapat belajar untuk bersabar akan sesuatu yang diinginkan.

Alihkan Perhatian

Mengalihkan perhatian juga dapat membantu anak anda untuk belajar bersabar. Misalnya pada saat menunggu, alihkan perhatian anak anda dengan melakukan aktivitas lain. Laukan aktivitas yang menyenangkan dan menghibur anak anda. Hal ini juga berguna agar anak anda tidak frustrasi dan bosan pada saat menunggu.

Berikan Pujian

Memberikan pujian ternyata memiliki dampak psikologis bagi anak. Dengan memberikan pujian terhadap suatu pencapaian atau hal yang dilakukan anak akan mendorong dan memotivasi mereka. Dengan pujian maka anak anda akan merasa dihargai. Jika anak anda sudah bersabar, misalnya dalam menunggu, berikan pujian kepada anak anda atas kesabarannya.

Lakukan Kegiatan Alternatif

Mengajarkan Anak tentang menabung

Mengajarkan Anak tentang menabung

Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan lainnya untuk melatih kesabaran anak. Kegiatan yang dilakukan dengan anak ini dapat melalui kegiatan yang sederhana namun mengajarkan kepada anak mengani makna dari sabar tersebut. Kegiatan yang dapat anda lakukan bersama anak anda antara lain:

  • Menanam bunga. Buah, atau sayur: dibutuhkan waktu yang cukup lama agar suatu tanaman dapat berbunga dan menghasilkan buah atau sayur. Dalam menanam pastinya dibutuhkan perawatan yang rutin. Oleh sebab itu dengan kegiatan menanam ini tentunya anak anda akan belajar untuk sabar dan mengajarkan bahwa segala sesuatu didapatkan melalui suatu proses.
  • Menyimpan uang: menyimpan uang atau menabung juga dapat mengajarkan anak anda untuk bersabar. Dengan menabung anda dapat mengajarkan ungkapan “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit” kepada anak anda. Selain kesabaran, konsep menabung ini juga dapat mengajarkan anak anda untuk kerja keras.

Begitulah 6 cara mengajarkan anak tentang kesabaran yang dapat anda lakukan. Semoga dapat membantu. Jangan lupa untuk selalu menjadi orang yang lebih sabar, ya.

 

Artikel Cara Wanita ini dikenal, sbb :

cara mengajarkan anak sabar -

close