Dunia Wanita Motivasi

5 Cara Mengatasi Anak Menangis Paling Manjur

Cara mengatasi anak menangis- Menangis memang merupakan hal yang wajar bagi anak. Tapi ada kalanya anak yang menangis membuat anda frustrasi, bukan? Hampir sebagian orang tua tentunya mengalami kesulitan untuk menangani anak yang menangis. Nah, jika anda mengalami kesulitan tersebut maka berikut 5 cara untuk mengatasi anak menangis.

Jangan memarahi atau memukul anak

Cara mengatasi anak menangis-

Cara mengatasi anak menangis-

Cara mengatasi anak menangis yang pertama adalah tidak memarahi atau memukulnya. Pada saat anak anda menangis, tahanlah emosi anda untuk tidak memukul ataupun memarahai anak anda. Apabila anda memukul atau memarahi anak anda, maka justru akan membuat anak anda semakin menangis. Di samping itu, memukul atau memarahi anak pada saat anak menangis sangat tidak baik untuk psikologis anak. Anak tersebut akan tumbuh dengan trauma dan bahkan bisa saja memendam rasa benci atau tidak suka kepada orang tuanya.

Jangan terlalu memanjakan anak

Selanjutnya apabila anak menangis, janganlah terlalu memanjakan anak anda. Pada dasarnya memang orang tua tentu merasa tidak tega melihat anaknya menangis. Namun orang tua juga harus dapat mendidik anak. Jika anda terlalu memanjakan anak anda yang menangis maka anak anda akan terbiasa untuk menangis. Bahkan akan membuat anak cengeng serta menggunakan tangisan untuk mendapatkan yang mereka inginkan. Kebiasaan manja ini dapat bertahan hingga ia dewasa, loh! Pada saat tertentu justru anda harus sedikit acuh jika anak anda menangis dan tunggu sampai anak berhenti menangis.

Alihkan perhatian anak

Cara mengatasi anak menangis

Cara mengatasi anak menangis

Cara mengatasi anak menangis berikutnya adalah dengan mengalihkan perhatian anak. Anda dapat mengalihkan perhatian anak anda dengan berbagai cara misalnya menyalakan musik, menyanyikan lagu anak-anak, menonton kartun, membaca buku cerita, menggambar dan lain sebagainya. Namun pada saat mengalihkan perhatian anak ini janganlah membohongi anak, misalnya dengan perkataan “kalau gak berhenti nangis nanti dimakan Monster”, dan lainnya. Alihkan dengan perkataan yang memang benar seperti “Eh, liat itu ada cicak” atau “Eh, liat itu ada pesawat”, dan lain sebagainya. Jika perhatian anak anda sudah teralihkan maka anak anda pun akan berhenti menangis.

Ajak anak untuk berkomunikasi

Apabila anak anda menangis maka cobalah untuk mengajak anak anda berkomunikasi. Gunakan kata-kata yang lembut namun tetap tegas. Dengarkan apa yang anak anda ingin sampaikan. Setelah anda mendengarkan anak anda, selanjutnya buatlah keputusan dan pengertian kepada anak anda. Dengan mengajaknya berkomunikasi seperti ini maka anak anda pun tidak akan terbiasa untuk menjerit dan menangis jika meminta sesuatu. Selain itu dengan mengajak berkomunikasi serta mendengarkan anak anda maka anak anda pun akan merasa diperhatikan.

Gunakan metode “time out”

Cara mengatasi anak menangis-

Cara mengatasi anak menangis-

Menggunakan metode time out juga dapat anda lakukan untuk mengatasi tangisan anak anda. Metode time out ini memberikan jeda kepada anda dan anak anda. Metode ini dapat dilakukan dengan cara menyuruh anak untuk duduk di kursi kecil di sudut kamar dan katakan kepada anak anda dengan tegas untuk duduk di kursi tersebut sampai tidak menangis lagi. Bahkan anda juga dapat memberikan waktu misalnya 2 menit untuk menangis. Biasanya dalam kondisi seperti itu anak pun akan terdiam dan tenang. Metode time out seperti ini sangat berguna agar anak anda tidak berusaha membuat anda takluk dengan tangisannya. Di samping itu metode time out ini juga dapat membuat anda rehat sejenak dari rasa jengkel dan stress akibat tangisan anak.

Jadi itulah 5  Cara Mengatasi Anak Menangis. Dalam mengatasi anak menangis jangan lupa untuk selalu menahan emosi anda, ya. Semoga bermanfaat.