Bayi dan Anak Kesehatan

Tips Menjaga Anak Agar Terhindar Dari Kekerasan Seksual

Tips menjaga anak agar terhindar dari kekerasan penting diketahui orangtua. Kekerasan yang dimaksud disini tidak hanya kekerasan dalam bentuk fisik saja, namun juga kekerasan dalam bentuk seksual. Saat ini tidak hanya anak wanita saja yang jadi korban, anak laki laki pun ada yang mejadi korban kekerasan seksual tersebut.  Banyaknya orng yang mengidap pedofilia membuat orangtua harus berhati hati dalam menjaga anaknya dalam setiap waktu.

Orangtua yang memiliki anak kecil maupun anak remaja sebaiknya tahu tips menjaga anak agar terhindar dari kekerasan khususnya kekerasan seksual. Dengan banyaknya orangtua menjalankan tips tersebut diharapkan banyak anak yang terselamatkan dari kekerasan seksual. Simak tips menjaga anak dari kekerasan seksual berikut ini :

Bekali Pengetahuan Seks

menasehati anak terhindar dari Kekerasan Seksual

menasehati anak terhindar dari Kekerasan Seksual

Cara pertama yang bisa ditempuh orangtua untuk menghindarkan anak dari kekerasan seksual adalah dengan membekali anak dengan pengetahuan seks. Saat ini seks bukanlah hal yang tabu untuk dibahas melainkan menjadi pendidikaan yang dibekalkan ke anak. Orangtua yang memiliki anak gadis menginjak remaja bisa membekali anaknya dengan pendidikan seks. Misalnya saja adalah ketika ada orang asing yang berusaha menyentuh organ pribadinya, anak tersebut harus bisa menolak bahkan melawannya. Pendidikan seks yang tidak diajarkan atau dibekalkan dari orangtuanya membuat anak remaja mudah sekali menjadi korban kekerasan seksual.

Jangan Mudah Percaya

Tips menjaga anak agar terhindar dari kekerasan seksual yang tidak banyak dilakukan oleh orangtua adalah jangan mudah percaya. Mungkin Anda sering sekali mendengar jika ada pelecehan seksual terutama anak kecil di bawah umur dilakukan oleh orang terdekatnya sendiri. Oleh sebab itu bagi Anda yang memiliki anak di bawah umur jangan mudah percaya dengan bantuan oranglain. Meskipun jika melakukan hal tersebut, banyak orang yang mengatakan Anda terlalu possesif, namun jika hal itu demi kebaikan anak Anda sendiri diabaikan saja.  Jangan mudah menitipkan anak kepada orang terdekat meskipun mereka berusaha meyakinkan Anda.  Hal yang paling menentramkan adalah melihat anak Anda berada di dalam jangkauan Anda.

Tanamkan Rasa Curiga

menasehati anak terhindar dari Kekerasan Seksual

menasehati anak terhindar dari Kekerasan Seksual

Langkah selanjutnya dalam menjaga anak dari kekerasan seksual adalah dengan menanamkan rasa curiga. Orangtua perlu menaruh curiga terhadap seseorang baik kerabat maupun orang luar yang ingin mengajak anak Anda pergi berdua saja. Atau mereka ingin agar anak Anda tinggal berdua bersama dengannya di dalam rumah.Sebagai orangtua sebaiknya Anda harus menaruh curiga dan mulai berhati hati terhadap orang yang ingin meminta waktu berdua dengan anak Anda.

Curiga Terhadap Hadiah

Orangtua juga wajib menaruh curiga terhadap orang yang suka menghadiahi anak Anda dengan beragam hadiah. Siapa tahu di balik hadiah tersebut orang itu ada maunya dengan anak Ada. Memang Anda tidak diperbolehkan buruk sangka terhadap orang lain, namun kehati hatian saat ini sangat dituntut bagi orangtua yang memiliki anak di bawah umur.

Kenali Situasi yang Tidak Aman

 tips menjaga anak agar terhindar dari kekerasan

tips menjaga anak agar terhindar dari kekerasan

Setiap orangtua yang memiliki anak di bawah umur sebaiknya tahu kapan situasinya menjadi tidak aman. Buatlah anak Anda menjadi lebih terbuka dan tidak tertutup. Dengan membuat anak terbuka orangtua bisa tahu siapa saja teman anak Anda tersebut. Orangtua juga tahu siapa saja anak yang usil terhdap anak Anda. Keterbukaan juga bisa membuat Anda tahu siapa teman anak Anda yang suka mengajaknya pergi. Ketika anak Anda meminta untuk mengizinkannya pergi menginap sebaiknya Anda tahu dengan siapa dia pergi.

Saat ini banyak kejahatan merajalela. Pelecehan atau kekerasan seksual terhadap anak dari tahun ke tahun kasusnya semakin meningkat. Orangtua perlu waspada dengan tindakan kriminal tersebut.  Sebut saja kasus pelecehaan seksual terhadap yuyun yang berujung dengan kematian tragis. Dengan beragam kasus kekerasan seksual yang mulai marak, harus membuat orangtua lebih waspada. Lakukan tips menjaga anak agar terhindar dari kekerasan seksual diatas agar anak Anda selalu aman dan selamat.

close