Perawatan Kulit dan Wajah

4 Tips Melindungi Kulit Dari Penuaan Dini

Setiap wanita perlu tahu tips melindungi kulit dari penuaan dini, dikarenakan saat ini banyak sekali penyebab penuaan dini yang ada di sekitar wanita salah satunya adalah radikal bebas.  Wanita ingin selalu terlihat cantik, dimanapun dan juga kapanpun. Penuaan dini tersebut bisa menyebabkan kecantikan wanita menjadi memudar. Tanda tanda wanita terkena penuaan dini adalah kulit wanita terlihat keriput, tidak kenyal, lingkaran mata mudah menghitam, pigmen kulit menjadi berubah dan masih banyak lagi lainnya.

tips melindungi kulit dari penuaan dini

tips melindungi kulit dari penuaan dini

Bagi wanita berumur 20 sampai dengan 30 tahun penting sekali untuk menerapkan beberapa tips melindungi kulit dari penuaan dini. Mencegah selalu lebih baik dibandingkan dengan mengatasi. Simak beberapa cara melindungi kulit dari penuaan dini berikut ini :

Menggunakan Tabir Surya

Salah satu cara yang bisa dilakukan wanita dalam melindungi kulitnya dari penuaan dini adalah menggunakan tabir surya. Sayangnya belum semua wanita melakukan cara ini. Ketika berjemur di pantai atau bermain di kawasan berhawa panas penuh dengan sinar matahari tabir surya tidak boleh terlewat. Meski begitu, saat mendung pun wanita perlu menggunakan tabir surya tersebut. Sinar UVB matahari mampu menembus awan yang menahannya dan melakukan kerusakan di kulit Anda.

tips melindungi kulit dari penuaan dini

tips melindungi kulit dari penuaan dini

Gunakan tabir surya dengan kadar SPF yang benar benar mampu melindungi kulit dari sinar matahari. SPF yang dianjurkan adalah SPF 15 atau lebih. Jika SPF dibawah angka 15 itu tandanya tabir surya belum mampu melindungi kulit dari sinar matahari. Perhatikan cara penggunaan tabir surya yang benar. Berikut adalah beberapa poin penting penggunaan tabir surya yang perlu diperhatikan :

  • Cek tanggal kadaluarsanya.
  • Jangan terlalu sedikit dan jangan berlebihan.
  • Tabir surya hanya mampu melindungi kulit selama dua jam saja. Setelah dua jam aplikasikan kembali tabir surya tersebut.
  • Tabir surya tidak tahan air. Sehabis berenang tabir surya tersebut perlu diaplikasikan kembali.

Gunakan Sunblock

Wanita tidak tahu jika tabir surya dan sunblock adalah dua jenis krim yang berbeda. Memang fungsinya sama yaitu untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Meski fungsinya sama, sunblock lebih banyak digunakan oleh wanita dengan kulit sensitif dan lebih efektif menangkal penyakit kanker kulit.  Selain ituSunblock mengandung titanium dioksida dan seng dioksida yang berguna untuk tidak mengiritasi kulit dibandingkan dengan kandungan parsol yang ada di tabir surya. Bagi wanita yang memiliki kulit sensitif sebaiknya berhati hati dalam memilih sunblock dikarenakan saat ini banyak produk yang memadukan antara sunblock dan tabir surya.

Skincare Anti Aging

Cara lainnya yang bisa dilakukan wanita dalam melindungi kulit dari penuaan dini adalah menggunakan produk dengan jenis anti aging. Produk anti aging ini tidak hanya bisa digunakan oleh wanita dengan umur 30 tahun ke atas. Namun wanita dengan kulit tipis di atas umur 20 tahun sudah boleh menggunakan produk ini. Kulit yang tipis rentan sekali untuk terkena kulit keriput jika kelembaban kulit tidak terjaga. Salah satu manfaat anti aging ini adalah menjaga kelembaban kulit secara menyeluruh. Kandungan kolagen yang ada pada produk anti aging juga mampu meregenerasi sel kulit dan memperbaiki jaringan kulit wanita.

Pola Hidup Sehat

tips melindungi kulit dari penuaan dini

tips melindungi kulit dari penuaan dini

Tips melindungi kulit dari penuaan dini yang tidak boleh diabaikan adalah menjalankan hidup sehat. Makan buah dan sayur sangat dianjurkan untuk tetap menjaga kekencangan kulit dan kelembaban kulit. Buah dan sayur yang mengandung antioksidan tinggi sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan penuaan dini. Imbangi pula dengan mengkonsumsi air putih minimal satu liter sehari.

Sebenarnya merawat kulit itu mudah asalkan wanita tahu caranya dan mau melakukannya. Kulit adalah aset bagi wanita yag harus dijaga dengan baik baik. Sebelum terlambat, lakukanlah tips melindungi kulit penuaan dini tersebut secara teratur setiap hari.

 

close