Welcome to Cara-wanita.com

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)
Penyebab Posisi Bayi Sungsang dalam Kandungan - Cara Wanita
Tips

Penyebab Posisi Bayi Sungsang dalam Kandungan

Penyebab Posisi Bayi sungsang dalam Kandungan – Seorang wanita yang pernah hamil dan mengalami masalah bayi sungsang sebelumnya cenderung akan mengalami keadaan yang sama pada kehamilan selanjutnya. Ketika sudah pernah mengalami bayi sungsang selama dalam kandungan, wanita hamil tidak akan merasa panik karena tau bagaimana cara mengatasinya. Akan tetapi, bagi wanita yang baru pertama kali hamil dan mendapati keadaan bayi sungsang, apa saja yang harus dipersiapkan oleh si calon ibu.

Penyebab Bayi Sungsang

Posisi bayi sungsang 7 bulan usia kehamilan sudah bisa terdeteksi oleh bidan atau dokter kandungan yang melakukan pemeriksaan. Ada beragam penyebab bayi sungsang dalam kandungan. Menurut dr.Karno Suprapto, Sp.OG  Penyebabnya bayi sungsang bisa datang dari si calon ibu dan bisa juga berasal dari si calon bayi.

 

gambar Posisi Bayi Sungsang

gambar Posisi Bayi Sungsang

Dari sisi si calon bayi, penyebab posisi bayi sungsang bisa disebabkan karena ukuran bayi yang terlalu kecil ataupun terlalu besar. Apabila ukuran bayi kecil, janin akan mudah berputar karena cukup banyak ruang di dalam Rahim. Sedangkan apabila ukuran bayi terlalu besar dan ukuran panggul calon ibu terlalu kecil kemungkinan terpental ketika si bayi berputar dengan posisi kepala berada dipanggul bisa terjadi.

Dari sisi si calon ibu, penyebab bayi sungsang bisa terjadi karena ukuran Rahim si ibu tidak normal. Penyebab lainnya ialah air ketuban yang terlalu banyak atau terlalu sedikit. Si ibu memiliki tumor atau miom dalam Rahim.

Secara umum penyebab bayi sungsang selama proses kehamilan dan keadaan ini sebaiknya dikurangi. Diantaranya adalah

Mengalami stress selama kehamilan

Stress harus dihindari oleh seorang wanita yang sedang hamil karena bisa menjadi penyebab bayi sungsang. Ketika dalam keadaan stress dan banyak pikiran, si janin dalam Rahim akan langsung merasakan dampaknya. Gangguan hormon membuat bayi merasa tidak nyaman sehingga terus berputar untuk menemukan posisi yang dianggapnya nyaman.

Posisi plasenta bermasalah

Posisi Bayi Sungsang

Posisi Bayi Sungsang

Posisi plasenta bayi yang terlalu ke kanan atau kebawah akan mempengaruhi posisi bayi dalam kandungan. Karena letak plasenta yang tidak tepat keadaan posisi sungsang tidak bisa dihindari.

Terlalu banyak duduk

Para orang tua mengatakan jangan terlalu banyak duduk ketika sedang hamil. Ternyata ada alasan di balik pelarangan tersebut secara medis. Terlalu banyak duduk bisa menyebabkan posisi sungsang pada bayi. Apalagi duduk di kursi yang keras tanpa dilapisi bantalan kursi.

Posisi bayi sungsang tidak akan disadari oleh wanita hamil. Untuk itulah pemerikasaan rutin selama kehamilan sangat dianjurkan untuk mengetahui perkembangan janin dan posisi janin selama masa kehamilan. Dokter ahli kandungan atau bidan yang bertanggung jawab akan memberikan penjelasan apabila ada yang salah dengan perkembangan atau posisi bayi dalam Rahim si ibu.

Cara Mengembalikan Posisi Bayi Sungsang Menjadi Normal

Biasanya kehamilan sungsang disarankan untuk melakukan operasi ceasar untuk proses persalinannya. Hal ini dilakukan untuk keselamatan si calon bayi dan ibu itu sendiri. Akan tetapi, apabila posisi bayi sungsang 8 bulan usia kandungan, bisa dilakukan beberapa treatment untuk mengembalikan posisi bayi menjadi normal hingga datangnya masa persalinan.

Melakukan senam hamil

Senam hamil biasanya dianjurkan oleh dokter agar bayi sungsang bisa berada pada posisi normal. Selain senam hamil juga bisa dengan berolah raga. Olah raga yang baik selama kehamilan adalah berenang. Berenang akan menstimulasi janin untuk bergerak dan posisi calon bayi bisa normal ketika masa kelahiran.

Melakukan sujud selama kehamilan

Ketika usia kandungan 6 bulan hingga 8 bulan dan posisi bayi sudah terdeteksi sungsang, ibu hamil bisa melakukan sujud secara rutin 3 kali selama 10 sampai 15 menit. Posisi ini dikenal dengan istilah knee chest atau sujud dimana posisi kaki dan lutut berada sejajar dengan pinggul dan dada.

Melakukan hypnobirthing

Lakukan hypnobirting paling tidak dua kali sehari selama masa kehamilan yaitu dengan cara melakukan komunikasi dengan si calon bayi sebagai stimulasi agar janin berputar untuk mengubah posisinya ke posisi normal.

Melakukan pijatan ringan

Lakukan pijatan secara rutin minimal 10 menit setiap hari dengan gerakan memutar searah jarum jam dengan posisi tangan kanan berada di bawah Rahim dan tangan kiri berada di atas Rahim.

Posisi bayi sungsang dalam kandungan bisa dibedakan menjadi tiga kategori yaitu incomplete breech, frank breech, dan complete breech.

Leave a Comment