Herbal dan Obat Alami Kesehatan

Penyebab Diabetes dan Cara Mengatasinya

Faktor Penyebab Diabetes dan Cara Mengatasinya – Diabetes atau yang sering disebut dengan penyakit kencing manis atau penyakit gula merupakan salah satu penyakit mematikan. Penyebab penyakit ini beragam, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat hingga faktor keturunan. Dikatakan bahwa apabila ada orang tua yang menderita penyakit diabetes melitus, maka keturunannya memiliki resiko 6x lebih besar menderita penyakit yang sama.

Mencegah sebelum mengobati adalah hal yang penting dilakukan agar terhindar dari diabetes. Akan tetapi gaya hidup yang terkadang tidak diperhatikan membuat penderitanya tidak sadar jika sudah terkena diabetes. Mengenali penyebab diabetes dan cara mengatasinya menjadi solusi sebelum terlambat

Mengenal Jenis Diabetes

penyebab diabetes dan cara mengatasinya

penyebab diabetes dan cara mengatasinya

Ada beberapa jenis diabetes namun yang biasa dikenal ada 2 yaitu diabetes tipe I, dan diabetes tipe II. Pada masyarakat umum istilah lain dari diabetes tipe I dan tipe II ialah diabetes kering dan diabetes basah.

Ada satu lagi jenis diabetes yaitu diabetes gestasional. Diabetes jenis ini biasa dialami oleh wanita yang sedang mengandung. Penyebab diabetes dan cara mengatasinya tergantung dari seberapa parah kadar gula dalam darah penderita.

Ciri-Ciri Diabetes Melitus

Penyebab diabetes dan cara mengatasinya bisa dilakukan dengan mengenali ciri-ciri orang yang menderita diabetes. Secara umum ciri orang yang menderita diabetes ialah

Sering buang air kecil (poliuri)

Kadar gula dalam darah yang tidak terkontrol membuat ginjal tidak mampu menampung kelebihan gula. Kadar gula yang tidak mampu ditampung oleh ginjal akan dibuang bersama urin. Cairan tubuh juga akan ditarik oleh urin akibat kadar gula yang harus dibuang bersama urin sehingga penderita akan lebih sering buang air kecil.

Sering merasa lapar (polifagi)

Akibat buruknya penyerapan nutrisi karena gangguan insulin dalam darah, menyebabkan tubuh mengalami kurang nutrisi sehingga sinyal yang diberikan adalah rasa lapar berlebih.

Sering merasa haus (polidipsi)

Meningkatnya kadar gula dalam darah mengakibatkan cairan tubuh banyak terbuang. Karena tubuh merasa kekurangan cairan, maka sinyal yang diberikan adalah rasa haus berlebihan.

Tubuh menjadi kurus

Pada kasus diabetes tipe I penderita akan kehilangan berat badan tanpa disadari sehingga tubuh menjadi kurus. Pada situasi ini orang yang tidak menyadari bahwa dia menderita diabetes harus lebih waspada akan kesehatannya.

Kesemutan pada kaki dan tangan (neuropati)

penyebab diabetes dan cara mengatasinya

penyebab diabetes dan cara mengatasinya

Kadar glukosa yang tinggi mengakibatkan kerusakan system saraf. Gejala yang ditimbulkan ialah sering mengalami kesemutan pada bagian tubuh seperti kaki dan tangan.

Mudah lelah

Kekurangan nutrisi yang dialami penderita diabetes menjadikan penderita mudah merasa lelah dan lemas.

Penyebab Diabetes Melitus

Penyebab diabetes mellitus tipe I

Penyebab dan gejala diabetes mellitus tipe I ialah terjadi kerusakan pada sisitem imun. System yang seharusnya berfungsi menjaga tubuh dari serangan bakteri dan virus balik menyerang tubuh dengan cara mengganggu stabilitas kerja insulin.

Pankreas yang berfungsi menghasilkan hormon insulin tidak bisa berfungsi dengan baik. Akibatnya penumpukan gula dalam darah terjadi dan tidak tersebar keseluruh sel sel dalam tubuh.

Penyebab diabetes mellitus tipe II

Pada kasus diabetes tipe II, insulin bisa diproduksi dengan baik oleh pankreas. Akan tetapi insulin mengalami mal fungsi sehingga tidak mampu mengantarkan gula ke sel tubuh sehingga gula menumpuk dalam darah.

Penyebab diabetes gestasional

Pada saat hamil, pankreas terkadang tidak mampu merespon untuk menghasilkan insulin akibat hormon yang diprosduksi oleh plasenta. Akibatnya, semakin besar plasenta khususnya pada trimester kedua dan ketiga, hormon akan semakin banyak dihasilkan sehingga resisten terhadap insulin tidak bisa dihindarkan. Penumpukan glukosa terjadi dalam darah karena tidak bisa diserap oleh sel.

Penyebab diabetes mellitus secara umum

  1. Faktor keturunan atau genetik
  2. Gangguan daya tahan tubuh
  3. Terinfeksi bakteri
  4. Kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi gula dan tinggi karbohidrat
  5. Gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan mengonsumsi alkohol
  6. Kegemukan/obesitas

Cara Mengatasi Diabetes Melitus

Penyebab diabetes dan cara mengatasinya hanya bisa dilakukan dengan melakukan pola hidup sehat. Alasannya adalah penyakit kencing manis belum ada obatnya hingga saat ini. Yang bisa dilakukan adalah:

  • Melakukan terapi insulin, melakukan diet sehat, dan berolahraga pada penderita diabetes tipe I
  • Melakukan diet sehat, berolahraga teratur, dan melakukan hipoglikemik oral pada penderita diabetes tipe II
  • Menjalankan pola hidup sehat, menjaga pola makan, dan menjaga berat badan ideal pada penderita diabetes tipe I dan tipe II
close