Welcome to Cara-wanita.com

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)
Efek Penggunaan Botol Minuman Berulang-ulang bagi Kesehatan - Cara Wanita
Bayi dan Anak Kesehatan

Efek Penggunaan Botol Minuman Berulang-ulang bagi Kesehatan

Efek Penggunaan Botol Minuman Berulang-ulang bagi Kesehatan – Botol minuman kemasan yang biasa dijumpai hanya untuk sekali pakai. Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang menggunakan botol minuman tersebut lebih dari sekali, bahkan berulang-ulang.

Seperti pada botol kemasan air mineral yang biasa digunakan seperti Aqua, masyarakat biasanya menggunakan kembali botol air mineral sebagai tempat air minum. Bahaya botol aqua bekas sudah dijelaskan dari kode atau tanda yang tertera pada bagin bawah botol. Efek penggunaan botol minuman berulang-ulang mungkin tidak langsung dirasakan oleh tubuh. Akan tetapi apabila terus menerus akan menumpuk dan kesehatan mulai terganggu.

Gangguan Akibat Penggunaan Botol Minuman

Efek penggunaan botol minuman berulang-ulang

Efek penggunaan botol minuman berulang-ulang

Bahaya botol plastik bagi kesehatan akan dirasakan dalam jangka panjang. Ada sejumlah penyakit yang bisa dialami dan efek penggunaan botol minuman berulang-ulang. Diantaranya ialah:

  • Mengalami infeksi

Tubuh dengan sistem imun rendah akan mudah terinfeksi kuman-kuman yang terdapat dalam botol plastik bekas apabila digunakan berulang-ulang. Selain tempat berkembangnya bakteri botol plastik sekali pakai juga mengandung bahan kimia yang bisa saja memuai akibat penggunaan berkali-kali. Efek penggunaan botol minuman berulang-ulang akan membuat kesehatan menjadi terganggu.

  • Mengalami komplikasi kehamilan

Pada plastik botol minuman biasanya terdapat BPA. Apabila kandungan BPA pada plastik masuk kedalam tubuh wanita hamil, maka akan mengakibatkan kelainan kromosom bahkan mengakibatkan bayi lahir cacat.

  • Mengalami pubertas dini

Terlalu sering menggunakan botol minuman berbahan plastik yang tidak seharusnya bisa memberikan efek pada pertumbuhan seseorang. Salah satunya adalah terjadinya pubertas dini. Penyebab utamanya ialah bahan kimia yang terdapat pada plastik mampu merubah struktur estrogen.

  • Menyebabkan kanker

Resiko kanker juga tidak bisa dihindari akibat penggunaan botol minuman plastik berulang-ulang. Resiko kanker yang bisa saja diderita ialah kanker prostat dan kanker payudara. Bahaya plastik juga tidak hanya pada tampat minuman tapi juga tempat makanan dan bahkan semua jenis plastik memiliki resiko kanker apabila digunakan berulang-ulang.

Cara Memilih Botol Plastik yang Aman

Efek penggunaan botol minuman berulang-ulang

Efek penggunaan botol minuman berulang-ulang

Ketika memilih kemasan plasti, pada bagian bawah botol terdapat kode segitiga, angka, dan huruf. Kode itulah yang menjadi acuan bahwa kemasan plastik baik botol atau pun yang lainnya aman diguanakan berkali-kali. Arti kode angka pada botol plastik tergantung dari angka yang tertera. Biasanya, terdapat 7 angka dengan arti berbeda-beda. Arti lambang segitiga di botol plastik dan ialah lambang untuk daur ulang dimana di tengah segitiga tersebut terdapat angka. Makna dari masing-masing kode tersebut ialah:

  1. Lambang daur ulang (segitiga), angka satu dalam segitiga, dan PETE/PET

Kode ini artinya bahwa botol minuman ini hanya untuk sekali pakai. Kode PET pada botol berarti bahan plastik terbuat dari polyethylene terephthalate. Apabila digunakan lebih dari sekali mengakibatkan lapisan polimer akan meleh sehingga menimbulkan zat karsinogenik penyebab kanker. Apalagi digunakan pada suhu hangat atau panas.

  1. Lambang daur ulang, angka 2 ditengah, HDPE

Botol minuman dengan kode ini juga sebenarnya dianjurkan untuk sekali pakai. Kode HDPE (high density polyethylene). Akan tetapi, bahan plastik ini biasa digunakan setiap hari seperti gallon air minum, botol susu, bahkan Tupperware. Walaupun bahan HDPE memiliki kemampuan mencegah reaksi kimia mencemari minuman atau makanan, penggunaan yang berulang akan melepaskan senyawa antimony trioksida.

  1. Lambang daur ulang, angka 3 di tengah, V/PVC

Lebih baik untuk menghindari plastik dengan kode ini. Kode V/VPC (polyvinyl chloride) tidak baik untuk kesehatan. PVC mengandung DEHA yang bisa mempengaruhi minuman yang dikemas dalam botol berbahan ini.

  1. Lambang daur ulang, angka 4 ditengah, LDPE

LDPE (low density polyethylene) marupakan plasti thermoplastic atau terbuat dari minyak bumi. Merupakan salah satu jenis plastik yang baik untuk tempat makanan atau minuman. Memiliki daya tahan baik terhadap uap air namun kurang baik terhadap gas seperti oksigen.

  1. Lambang daur ulang, angka 5 ditengah, PP

Pilihan plastic terbaik dengan kode 5 PP (polipropilen). Botol minuman standar dengan kode yang disarankan untuk digunakan. Artinya botol minuman dengan kode ini aman digunakan.

  1. Lambang daur ulang, angka 6 ditengah, PS

Botol minuman dengan kode ini juga harus dihindari dan jangan digunakan untuk tempat makanan atau minuman. Kode PS (polystyrene) berbahaya untuk kesehatan. Efek penggunaan botol minuman berulang-ulang dengan kode ini akan membahayakan otak, mengganggu hormon estrogen, menggenggu pertumbuhan, dan mengganggu sistem saraf.

  1. Lambang daur ulang, angka 7 ditengah, OTHER

Botol miniman dengan kode ini ada yang dianjurkan untuk digunakan dan ada yang tidak. Kode yang dianjurkan atau aman digunakan ialah kode SAN (styrene acrylonitrile) dan ABS (acrylonitrile butadiene styrene) dan Nylon. Sedangkan yang tidak aman digunakan ialah PC (polycarbonate).

Pintar-pintar memilih botol tempat minuman dari plastik agar tidak ada efek penggunaan botol minuman berulang-ulang yang akan membahayakan kesehatan. Jadilah konsumen yang cerdas.

Artikel Cara Wanita ini dikenal, sbb :

bahaya penggunaan botol plastik berulang -apakah betul botol minum aqua sekali digunakan dalam arti tidak boleh di pakai terus -bahaya mengguna wadah plastik berulang ulang -Bahaya menggunakan botol plastik berulang - ulang -botol minuman untuk berkali kali pake -botol plastik efek bila di gunakan setiap hari -jika botol dengan kode 2 dipakai untuk make up berulang ulang -menggunakan botol plastik berkas berulang-ulang -penggunaan botol aqua secara berulang -