Welcome to Cara-wanita.com

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)
Kenali Babymoon pada Ibu Hamil di Trimester Kedua - Cara Wanita
Bayi dan Anak Dunia Wanita Kesehatan

Kenali Babymoon pada Ibu Hamil di Trimester Kedua

Babymoon pada Ibu Hamil di Trimester Kedua – Usia kehamilan trimester kedua merupakan usia yang aman untuk melakukan perjalanan jauh. Untuk itulah bagi ibu hamil yang ingin melakukan babymoon, inilah saat yang tepat pergi berlibur bersama pasangan. Menenangkan dan menghilangkan stress ketika berlibur seraya mempersiapkan diri sejak dini untuk menghadapi proses kelahiran nanti.

Pengertian babymoon sama seperti honeymoon. Hanya saja, babymoon dilakukan sebelum atau sesudah wanita melahirkan. Babymoon pada ibu hamil bisa mengeratkan hubungan calon orang tua dengan calon bayi yang masih ada dalam kandungan. Kebersamaan yang intens antara pasangan memberikan efek positif pada pertumbuhan janin dalam Rahim.

Alasan Melakukan Babymoon

babymoon pada ibu hamil

babymoon pada ibu hamil

Pada awalnya, babymoon dilakukan pasca melahirkan dimana ibu dan ayah menghabiskan waktu bersama sebagai pasangan sebelum memasuki dunia baru sebagai orang tua . Sekarang ini telah terjadi pergeseran mengenai maksud babymoon itu sendiri. Babymoon sekarang ini dilakukan ketika si bayi masih dalam kandungan. Walaupun demikian, babymoon pada wanita hamil juga akan memberikan dampak positif pada keadaan ibu hamil dan pertumbuhan sang janin.

Manfaat Babymoon untuk Ibu Hamil

Ada banyak alasan kenapa babymoon harus dilakukan. Hal ini harus dilakukan karena terdapat sejumlah manfaat yang dirasakan tidak hanya untuk si calon buah hati melainkan juga untuk si calon ibu dan calon ayah. Tidak perlu pergi ketempat jauh hingga ke luar negeri atau ke luar pulau untuk melakukan babymoon. Cukup pergi ke tempat yang tenang dan udara segar merupakan tempat untuk babymoon yang nyaman. Adapun manfaat babymoon pada ibu hamil adalah:

  1. Mengurangi stress

Ketika sedang hamil, wanita sangat mudah mengalami stress. Apabila stress berlebihan akan mempengaruhi perkembangan janin. Istirahat sejenak dari semua perkara yang membuat stress akan lebih baik untuk ibu hamil.

  1. Mengeratkan hubungan dengan pasangan

Ketika bayi lahir, fokus utama pasangan sebagai orang tua adalah bagaimana untuk memenuhi semua kebutuhan si bayi dan menjamin perkembangannya dengan baik. Sebelum semua itu dihadapi, melakukan perjalanan sebelum melahirkan akan lebih mengeratkan hubungan suami istri agar lebih kompak dan romantis hingga nanti sebagai orang tua.

  1. Mempercepat penyembuhan pasca-melahirkan

Babymoon pasca-melahirkan akan mempercepat penyembuhan dan mengurangi pendarahan karena tubuh dan pikiran dalam keadaan rileks. Selain itu, hubungan dengan bayi kecil karena sentuhan saat menyusui menjadi lebih kuat.

  1. Beristirahat total sebelum melahirkan

Istirahat yang berkualitas sangat diperlukan oleh ibu hamil di tengah kesibukan dan di tengah proses kehamilan. Babymoon pada ibu hamil merupakan saat yang tepat mendapatkan waktu bersantai tanpa memikirkan pekerjaan dan yang lainnya.

Waktu yang Tepat untuk Babymoon

Ketika ingin melakukan perjalanan babymoon, persiapkan semua hal yang mulai dari tempat untuk babymoon hingga waktu yang tepat untuk bepergian. Waktu terbaik melakukan perjalanan babymoon adalah ketika usia kandungan memasuki trimester kedua, yaitu anatara usia 14-28 minggu. Pernyataan ini disampaikan oleh American of Obstetricians Gynecology (ACOG). Pada usia ini, ibu hamil dalam kondisi baik dan keadaan kandungan aman untuk bepergian dan tidak mengkhawatirkan.

babymoon pada ibu hamil

babymoon pada ibu hamil

Ketika usia kandungan sudah berusia lebih dari 30 minggu, disarankan untuk tidak melakukan perjalanan. Sedangkaan untuk melakukan babymoon setelah melahirkan yang tepat adalah ketika usia bayi mulai memasuki 40 hari.

Tempat yang dipilih untuk babymoon pada ibu hamil juga harus dipertimbangkan dan disesuaikan dengan keadaan ibu hamil. Jangan memilih lokasi yang sulit dijangkau ketika sedang hamil.

Pilih tempat liburan yang menenangkan seperti ke puncak atau ke pedesaan dengan pemandangn alam hijau serta jauh dari polusi. Misalnya babymoon di Bandung dan sekitarnya atau bisa juga di dekat tempat tinggal yang udaranya sejuk. Tentunya sebelum berangkat babymoon pada ibu hamil, konsultasi ke dokter kandungan atau bidan untuk memastikan kondisi tubuh dan perkembangan janin dalam keadaan baik.

Artikel Cara Wanita ini dikenal, sbb :

pengertian babymoon -waktu tepat untuk babymoon -baby moon setelah melahirkan -ingin babymoon tapi jauh dengan suami -maksud baby moon -maksud dari babymoon -manfaat babymoon pada ibu hamil -pengertia babymoon -