Welcome to Cara-wanita.com

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)
Mengatasi Insomnia dengan Ramuan Ampuh Tanaman Putri Malu - Cara Wanita
Kesehatan Lain-lain

Mengatasi Insomnia dengan Ramuan Ampuh Tanaman Putri Malu

Cukup sulit mengatasi insomnia jika penyakit gangguan tidur ini sudah sedemikian akut. Minimal kita kita harus tahu faktor penyebabnya apakah karena stress, gangguan kesehatan fisik, faktor lingkungan, pola hidup, atau lainnya. Mobilitas tinggi yang memaksa seseorang tinggal di lingkaran gaya hidup modern memang beresiko memicu stress berlebihan. Efeknya gangguan kesehatan kemudian bermunculan, salah satunya kasus insomnia yang belakangan semakin marak.

Tak sedikit masalah kesehatan fisik meyebabkan gejala yang menggiring manusia pada kondisi tidak nyaman sehingga menimbulkan gangguan susah tidur. Setidaknya penyakit asma, jantung, radang sendi (aetritis) hingga penyakit syaraf seperti Alzheimer dan Parkinson sering disebut-sebut menjadi pemicu insomnia. Nah, dengan mengetahui faktor pemicu tersebut minimal cara mengatasi insomnia dapat diterapkan lebih serius.

Pola Hidup yang Salah Pemicu Utama Insomnia

tips mengatasi insomnia

tips mengatasi insomnia

Selain masalah kesehatan fisik, pola hidup yang salah juga disebut menjadi penyebab insomnia. Contoh sederhananya waktu tidur yang berubah-ubah. Waktu tidur yang tidak tetap dapat memicu ritme Sirkadian menjadi tidak stabil dan terganggu. Ritme Sirkadian sendiri berfungsi mengontrol metabolisme tubuh termsauk salah satunya siklus tidur dan bangun.

Secara umum insomnia terjadi pada mereka yang memiliki jam kerja tidak tetap. Kondisi yang sama juga dialami mereka yang terbiasa tidur siang untuk menggantikan waktu tidur malam yang digunakan untuk aktivitas lain. Disamping itu mereka yang mengalami desinkronosis (pengar) setelah perjalanan penerbangan jarak jauh juga rentan dengan gangguan insomnia.

Insomnia juga berkaitan dengan makanan yang kita konsumsi. Dengan sendirinya salah satu cara mengatasi insomnia yaitu dengan mengontrol pola makan, termasuk porsi makan. Ya, pola makan dengan porsi besar dapat membuat kita sulit tidur. Dengan kata lain perut yang terlalu kenyang membuat tubuh tidak nyaman terutama saat berbaring. Disamping itu langsung tidur setelah makan sangat beresiko menyebabkan sakit ulu hati. Nah, kondisi-kondisi yang nampaknya sepele ini dapat menyebabkan insomnia akut jika dibiarkan terus terjadi.

tips mengatasi insomnia

tips mengatasi insomnia

Tak jauh beda dengan makanan porsi besar, mengonsumsi kafein, nikotin, dan alkohol sebelum tidur sebaiknya dihindari mulai sekarang. Alkohol memang memiliki kandungan zat penenang untuk mempercepat tidur. Namun zat tersebut tidak mampu membuat kualitas tidur mencapai tahap paling lelap.

Mengatasi Insomnia dengan Obat Tidur Alami

Jika lebih suka yang praktis dan cepat, sebenarnya mengonsumsi obat tidur sangat efektif untuk mengatasi insomnia. Namun dibalik itu ada efek yang cukup mengerikan. Mengonsumsi obat tidur kimia hampir bisa dipastikan menyebabkan ketergantungan. Akibatnya gangguan insomnia semakin parah dan tidak bisa diatasi jika tidak mengonsumsi obat tidur. Hal ini tentu sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh karena terlalu banyak mengonsumsi obat tidur.

Solusi paling aman mengatasi insomnia tanpa efek samping tentunya dengan membuat obat tidur alami. Ya, kita bisa membuat obat tidur dari bahan alami tanaman Putri Malu untuk menyembuhkan insomnia sekaligus mengembalikan tidur yang lebih berkualitas. Tanama Putri Malu memiliki zat aktif yang memberi efek menenangkan sehingga tubuh terasa rileks. Zat-zat tersebut memicu rasa kantuk dan mendorong tubuh untuk beristirahat.

Cara membuat ramuan Putri Malu cukup mudah. Sediakan 60 gram daun Putri Malu, 30 gram daun Calincing, dan 15 gram daun Sawi langit. Rebus ketiga bahan tersebut dengan 2 gelas (400 cc) air bersih sampai mendidih, tunggu hingga airnya tinggal 1 gelas. Selanjutnya ramuan didinginkan lalu disaring. Minum air rebusan 1 gelas setiap hari menjelang tidur malam.

Ramuan untuk mengatasi insomnia dari tanaman Putri Malu biasanya akan bereaksi 15 – 20 menit setelah diminum. Jadi setelah 30 menit dijamin Anda sudah tertidur lelap. Yang harus diingat, sebaiknya tidak perlu berlebihan mengonsumsi ramuan ini sebab dapat menyebabkan muntah-muntah. Ramuan ini juga tidak direkomendasikan untuk ibu hamil karena dapat mengganggu kesehatan janin.

 

 

Artikel Cara Wanita ini dikenal, sbb :

khasiat akar ilalang -cara membuat obat tidur dari daun putri malu -cara membuat obat bius dari tanaman putri malu -cara alami tanaman putri malu bisa bikin tidur -cara buat obat tidur dari tanaman putri malu -Cara membuat obat penenang dengan putri malu -cara membuat obat bius dr putri malu -cara membuat obat bius dari daun putri malu -cara buat obat tidur dengan putri malu -tips membuat obat bius dari daun putri malu -