Meluruskan Rambut dengan Rebonding dan Smoothing, Amankah!

Berbahagialah Anda yang memiliki rambut lurus sebab Anda tidak perlu mencoba berbagai cara untuk meluruskan rambut. Dengan teknologi canggih sekarang ini sebenarnya banyak cara yang bisa dipilih untuk membuat rambut keriting menjadi lurus. Cukup sekali pergi ke salon, kita hanya butuh tak lebih dari 2 jam untuk ‘menyulap’ rambut menjadi lurus dengan treatment smoothing dan rebonding. Hebatnya lagi, rambut lurus yang dihasilkan mampu bertahan sampai beberapa bulan bahkan hingga satu tahun ke depan. Namun apakah cara ini aman?

meluruskan rambut

meluruskan rambut

Smoothing rambut dan rebonding rambut adalah cara meluruskan rambut dengan metode yang sama namun dengan hasil berbeda. Meskipun rebonding lebih dulu populer namun smoothing rambut mampu menghasilkan rambut lurus yang nampak lebih alami. Walau tak bisa dipungkiri kedua cara ini memiliki efek negatif yang nyaris sama.

Proses Meluruskan Rambut

Baik rebonding maupun smoothing merupakan treatment pelurusan rambut dengan biaya terjangkau. Hampir semua salon kecantikan di Indonesia menyediakan kedua metode ini untuk penampilan yang lebih menarik khususnya bagi kaum wanita. Intinya kedua cara meluruskan rambut ini bekerja dengan cara mengubah tekstur rambut, misalnya dari rambut ikal menjadi lurus hanya dengan beberapa langkah mudah.

meluruskan rambut

meluruskan rambut

Langkah mudah yang dimaksud yaitu dengan member serum maupun vitamin untuk memproteksi rambut dari efek samping zat kimia yang ada pada krim pelurus rambut. Setelah serum dan vitamin diberikan pada rambut selanjutnya rambut dibilas kemudian diberi krim khusus dan dibiarkan hingga meresap ke setiap helai rambut. Langkah terakhir rambut dicatok hingga tekstur rambut berubah lurus dan cantik.

Perbedaan Rebonding dan Smoothing

Pengertian secara singkat, rebonding adalah proses meluruskan rambut dengan hasil lurus patah. Sedangkan smoothing merupakan proses pelurusan rambut dengan hasil cenderung lebih natural. Dengan kata lain, seperti namanya maka smoothing rambut berarti melemaskan dan menghaluskan rambut dengan hasil terlihat lebih alami.

Seperti yang disebutkan diawal, rebonding rambut terlebih dulu populer dibanding smoothing. Namun beberapa tahun terakhir para wanita lebih memilih smoothing karena hasilnya lebih bagus dan natural, dibanding rebonding yang banyak menimbulkan kerusakan rambut. Metode rebonding membuat rambut terlihat kaku, licin dan lurusnya cenderung jatuh ke bawah. Berbeda dengan smoothing yang membuat rambut tidak kusut dan tetap mudah ditata.

Efek Negatif Rebonding dan Smoothing

Meskipu secara proses hasilnya berbeda, namun baik rebonding maupun smoothing menimbulkan efek negatif yang kurang lebih sama. Salah satu yang paling fatal adalah alergi. Ya, alergi adalah resiko yang paling sering terjadi terkait proses meluruskan rambut dengan rebonding atau smoothing. Alergi ini umumnya bentuk kontaminasi kulit dengan bahan kimia pada bahan pelurus rambut. Alergi ini memicu munculnya gatal-gatal pada kulit kepala dan sekitarnya berupa bercak merah pada kulit, ruam di kulit kepala, dan gatal-gatal pada mata.

Efek negatif meluruskan rambut dengan bahan kimia yang tak kalah menakutkan yaitu rambut menjadi rontok. Lagi-lagi bahan kimia dari bahan pelurus rambut berkualitas buruk membuat rambut mudah patah dan terlepas dari akar. Kondisi ini membuat folikel rambut melemah sehingga rambut menjadi rontok.

Kesimpulannya, meluruskan rambut dengan rebonding dan smoothing membuat rambut menjadi kering. Intinya panas yang bersumber dari bahan kimia pelurus rambut dapat merusak sifat alamiah rambut. Dampaknya rambut akan kehilangan kelembaban alaminya sehingga terlihat kusam dan kering. Berkaca dari dampak buruk yang ditimbulkannya, bukankah lebih baik cantik alami dengan jenis rambut apa adanya dibanding mengorbankan kesehatan kulit dan rambut?

 

Artikel Cara Wanita ini dikenal, sbb :

lebih bagus smoothing atau rebonding -lebih bagus smoothing atau rebonding? -pengertian smoothing -perbedaan smoothing dan rebonding rambut -lebih bagus smothing atau raebonding -Lebih awet mana smoothing atau rebonding -hasil rambut rebonding -hasil rambut di rebonding -rinbonding bagus tidak -bagusan mana smooting -

Welcome to Cara-wanita.com

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)