Tanda Tanda Awal Terkena Penyakit Ginjal Kronis

Tanda Tanda Awal Terkena Penyakit Ginjal Kronis – Penyakit ginjal kronis di perkiraan diderita 20 juta orang Amerika dari beberapa tahap penyakit. Kabar baiknya adalah bahwa penyakit ginjal kronis tidak akan selalu menyebabkan gagal ginjal. Bahkan, sebagian besar pasien penyakit ginjal tidak akan pernah mengalami gagal ginjal total. Namun, tanpa perawatan medis yang tepat, penyakit ginjal bisa terus berkembang, mengarah pada komplikasi yang mengancam jiwa.

Gagal ginjal kronis sedikit berbeda dari gagal ginjal akut: Berkembang perlahan-lahan selama periode minggu, bulan atau tahun pada beberapa pasien dengan penyakit ginjal. Dalam banyak kasus, terdapat gejala halus untuk waktu yang lama, dan dapat menyebabkan gagal ginjal tanpa rasa sakit sama sekali. Di sisi lain, beberapa orang mengalami pola umum ketidak nyamanan dengan penumpukan kotoran dalam tubuh. Untuk mencegahnya, anda harus tahu Tanda Tanda Awal Terkena Penyakit Ginjal Kronis. Beruntung bagi anda, karena ulasannya telah kami susun di bawah ini.Tanda Tanda Awal Terkena Penyakit Ginjal Kronis

Gejala Awal Terkena Penyakit Ginjal Kronis:

Perubahan Buang Air Kecil

Ginjal mengeluarkan kotoran melalui urin, sehingga perubahan frekuensi, kuantitas, atau perubahan urin bisa menunjukkan masalah yang lebih serius. Munculnya darah dalam urin mungkin adalah tanda peringatan awal.

Kelelahan

Salah satu gejala paling umum dan sering diabaikan adalah anemia, yang bermanifestasi sebagai kelelahan. Pada dasarnya, kerusakan ginjal mengurangi produksi EPO, hormon penting yang mempertahankan produksi stabil sel darah merah. Kekurangan EPO berarti sel-sel darah merah lebih sedikit, dan lebih sedikit sel darah merah berarti kurang oksigen tersedia untuk memberi energi sel dan jaringan. Karena kelelahan adalah keluhan yang umum, maka tak heran jika banyak orang yang mengabaikan gejala ini karena dianggap biasa dan tidak berkaitan dengan ginjal.

Pembengkakan

Cairan muncul di wajah, tangan dan kaki (dikenal sebagai edema), mungkin menunjukkan bahwa ginjal tidak menyingkirkan kotoran pada tingkat yang tepat, sehingga tubuh Anda mulai menyimpannya dalam jaringan lain. Dalam beberapa kasus, pasien menemukan bahwa mereka kehilangan berat badan di seluruh tubuh mereka, tetapi wajah dan mata mereka terasa bengkak. Dalam kasus lain, pergelangan kaki menjadi bengkak sehingga sulit untuk berjalan dengan nyaman.

Perubahan Kulit

Gatal adalah efek samping yang sangat umum dari kotoran dalam darah. Rasa gatal ini terkadang disertai dengan ruam, dan gatal jauh lebih dalam di dalam jaringan. Dalam kebanyakan kasus, terjadi rasa gatal di seluruh tubuh yang berlangsung untuk waktu yang lama. Kadang-kadang kulit akan berubah menjadi warna kuning tu, atau warna cokelat.

Kehilangan Nafsu Makan

Sebuah penumpukan senyawa beracun dalam darah Anda dapat meninggalkan rasa tidak enak di mulut dan yang dapat membuat anda mati rasa saat mengonsumsi makanan tertentu. Mual dan muntah juga gejala yang sangat umum dari gagal ginjal, yang mana akan membatasi nafsu makan Anda.

Nyeri Dada dan Sesak

Jika kelebihan cairan dalam tubuh menumpuk di sekitar paru-paru atau membran yang mengelilingi jantung, Anda mungkin merasa sesak napas, nyeri, atau sesak di dada. Terlalu banyak kalium dalam aliran darah dapat menyebabkan irama jantung abnormal, yang menempatkan Anda pada risiko untuk gagal jantung mendadak.

Baca Juga: Tanda Gejala Penyakit Jantung Dan Pencegahannya

Tujuan yang paling penting adalah mengelola penumpukan kotoran di tubuh Anda, dan menggunakan semua sumber daya yang tersedia untuk mencegah gagal ginjal total. Berkomunikasilah secara terbuka dan jujur dengan dokter Anda, dan pelajari lebih lanjut tentang apa yang harus diwaspadai dan bagaimana melindungi ginjal Anda selama bertahun-tahun yang akan datang. Sekian ulasan dari kami tentang Gejala Awal Penyakit Ginjal, semoga bermanfaat.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Welcome to Cara-wanita.com

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)