Welcome to Cara-wanita.com

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)
Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Bagi Kesehatan - Cara Wanita

Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Bagi Kesehatan

CantikSehat.meManfaat berjalan tanpa alas kaki bagi kesehatan. Di kutip dari mindbodygreen.com Mungkin saat ini anda mengalami masalah kesehatan yang tak kunjung ada solusinya. Berjalan tanpa alas kaki bisa menjadi terapi murah dan mudah buat anda. Berjalan tanpa alas kaki dapat anda lakukan pada berbagai media mulai dari tanah, kerikil, pasir, atau rerumputan. Berjalan tanpa alas kaki bisa anda lakukan minimal setengah jam setiap hari. Berjalan tanpa alas kaki atau earthing dapat mengubah aktivitas elektrik dalam otak yang bisa membantu menstabilkan detak jantung, meningkatan penyaluran glukosa, mengurangi stres, meningkatkan kekebalan tubuh, dan konduktivitas kulit yang lebih baik.

Berikut ini manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dengan berjalan tanpa alas kaki :

1. Melancarkan Aliran Darah
Area telapak kaki terdapat banyak pembuluh darah yang merupakan tempat berbaliknya aliran darah. Efek pijatan ringan pada telapak kaki yang menekan langsung pada lantai atau rumput dapat memperlancar aliran darah di sekitar kaki.

2. Membantu Relaksasi
Sebuah penelitian menunjukan bahwa berjalan tanpa alas kaki di atas rumput bisa mengobati stres akibat beban pikiran dan pekerjaan, efek pijatan ringan dan sentuhan dengan tanah atau rumput bisa membuat relaxs otot dan syaraf yang tegang.
Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Bagi Kesehatan - CantikSehat

3. Mengurangi Resiko Bau Kaki
Kondisi permukaan kaki yang jarang terbuka karena tertutup oleh sepatu dapat menyebabkan timbulnya bau kaki. Permukaan kaki yang terbuka mampu mengurangi kelembaban kaki akibat keringat.

4. Membantu Menjaga Kaki Lebih Sehat
Kelembaban kaki yang berlebihan bila disertai dengan sel-sel kulit mati maka akan menjadi tempat yang cocok untuk perkembangbiakan bakteri dan jamur.

5. Memperluas Ruang Gerak Otot dan Sendi Kaki
Jari kaki dan engkel akan bergerak lebih leluasa jika berjalan tanpa alas kaki. Penggunaan sepatu sehari-hari dapat membatasi gerak otot kaki, sehingga kaki terasa tidak nyaman.

6. Merangsang Fungsi Syaraf Keseimbangan
Berjalan tanpa alas kaki membantu merangsang syaraf keseimbangan pada telapak kaki yang dapat meningkatkan kewaspadaan, keseimbangan dan ketangkasan gerak.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur
Efek pijatan pada telapak kaki mampu membantu relaksasi. Alhasil, orang akan tidur dengan pulas. Kebiasaan iniu juga dapat membantu orang yang susah tidur (insomnia).

Selain 7 Manfaat di atas berjalan dengan tanpa alas kaki juga mempunyai manfaat yang lain di antaranya :

# Menstabilkan detak jantung
# Meningkatkan anti oksidan dalam tubuh
# Mengurangi resiko terhadap peradangan
# Meningkatkan penyaluran dan pengaturan glukosa
# Mengurangi Stres
# Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
# Memperbaiki konduktivitas kulit
# Meningkatkan sel sel darah merah
# Mengurangi resiko terkena penyakit jantung
# Mengurangi resiko terkena penyakit kanker dan diabetes
# Meningkatkan oksigenasi darah
# Menghilangkan racun dalam tubuh

Meskipun mempunyai banyak manfaat, namun tidak disarankan untuk berjalan tanpa alas kaki dalam waktu yang lama. Cukup 30 menit saja berjalan tanpa alas kaki. Selain itu perhatikan pula keamanan tempat Anda berjalan. Jangan sampai kegiatan ini malah melukai kaki Anda.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita ambil dengan berjalan tanpa alas kaki, baca juga Manfaat buah nanas bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *