Perawatan Kulit dan Wajah

7 Tips Jitu Mengencangkan Kulit Wajah secara Alami

Seperti bagian tubuh lainnya, kulit akan mengalami masa pertumbuhan dan regenerasi. Namun seiring dengan pertambahan usia, kemampuan kulit untuk melakukan regenerasi menurun yang akibatnya kulit tampak kendur dan keriput. Tanda-tanda kulit kendur berupa munculnya garis halus di sekitar hidung, mulut, dan dagu, munculnya kantung mata, dan hilangnya kekencangan kulit. Salah satu penyebabnya adalah produksi kolagen dalam tubuh yang berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah semakin menurun.

Masalah kendurnya kulit dan tanda-tanda penuaan ini seringkali menjadi masalah bagi sebagian besar wanita dan mereka pun menggunakan berbagai cara mengencangkan kulit wajah. Ya betul sekali memang banyak prosedur kosmetik yang dapat digunakan untuk mengencangkan kulit wajah dengan harga bervariasi namun sebetulnya ada cara mengencangkan kulit wajah secara alami dengan biaya yang relative lebih murah.

tips menjaga kekencangan kulit wajah secara alami
photo credit: pinterest.com

Tips Jitu Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Berikut ini adalah beberapa cara mengencangkan kulit wajah secara alami:

1. Diet Seimbang

Buah dan sayuran sangat kaya vitamin dan anti oksidan untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Rajin dan rutin mengkonsumsi buah dan sayuran secara seimbang dalam menu diet harian dapat membantu mengencangkan kulit wajah secara alami. Selain itu menjaga asupan air setidaknya 2 liter per hari dapat membantu menghilangkan racun tubuh dan mempertahankan kelembaban serta elastisitas kulit.

2. Lindungi Kulit dari Matahari

Radiasi sinar UV dari matahari dapat menyebabkan penuaan dini, oleh karena itu menggunakan penutup ketika beraktivitas di bawah sinar matahari, seperti topi, kacamata atau payung mampu membantu menjaga kekencangan kulit wajah Anda.

3. Jangan Merokok 

Merokok tak hanya merusak paru-paru Anda tetapi juga mempengaruhi perkembangan sel-sel kulit dan mengganggu produksi kolagen. Jadi berhentilah merokok sekarang juga agar kulit wajah Anda tetap kencang dan Anda dapat hidup lebih sehat.

BACA JUGA:  5 Makanan Cegah Penuaan Kulit

Baca juga: Tips Memerahkan Bibir dengan Teknik Sulam Bibir

4. Facial Massage / Pijat Wajah

Pemijatan wajah sebelum tidur terbukti ampuh untuk mengencangkan kulit wajah secara alami. Pemijatan wajah dapat membantu aliran darah ke area sekitar wajah semakin lancar, selain itu, pijatan yang benar dengan cara gerakan melingkar ke atas dapat membantu mengurangi garis halus dan timbulnya keriput. Untuk hasil terbaik jangan lupa gunakan pelembab berkualitas dan jangan lupakan pemijatan sekitar leher.

5. Olahraga 

Selain pemijatan, olahraga yang teratur sangat baik untuk membantu mengencangkan kulit wajah secara alami. Olahraga akan membantu pembentukan massa otot dan meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah membawa nutrisi dan oksigen untuk keperluan regenerasi kulit. Latihan inversi / headstands sangat efektif melawan kulit kendur karena pengaruh gravitasi.

6. Masker Wajah 

Cara ini sudah pernah dibahas sebelumnya, silahkan merujuk ke artikel cara mengencangkan kulit wajah menggunakan masker.

7. Mandi Air Asin 

Mandi air asin ternyata dapat membantu mengencangkan kulit wajah secara alami dengan cara membuang racun dan kotoran dari kulit Anda. Anda dapat menambahkan 2 sendok teh garam laut ke dalam air mandi Anda. Gunakan cara ini sebagai alternatif misalnya sebulan sekali.

Artikel Cara Wanita ini dikenal, sbb :

cara mengencangkan kulit muka dan bibir -Mengencangkan kulit wajah islami -mengencangkan otot wajah mengkonsumsi buah -

Leave a Comment