Otomotif

Cara Merawat Motor Baru Rantai, Aki, Battery, Mesin yang Benar

Cara Merawat Motor . Memiliki motor baru sanga menyenangkan terlepas beli sendiri atau juga dibelikan orang tua kita namun senang dan sayang terhadap barang atau kuda di zaman ini tidak cukup hanya dipoles dan dicuci saja harus ada perwatan sepesial agar motor anda awet dan larinya kecang.

Cara Merawat Motor

Di sini kami mengajak anda untuk merawat motor anda dengan benar sehingga anda yang baru pertama kali atau sudah beberapa kali dan lupa perwatan motor tidak gegabah dalam perwatan . jika kita berbicara tentang cara merawat motor maka tidak terlepas yang vital itu adalah rantai , Battery dan mesin nah mari kita lihat tips merawat motor baru yang benar di bawah ini .

Cara Merawat Motor

1. Perawatan Component Rantai
Yang dimaksud dengan Component Rantaiadalah pin rantai adalah mata rantai lalu bagai mana cara merwat rantai motor ?
Lakukanlah secara rutin pemeriksaan rantai motor setia minima 1.000 km karena dalam jarak tempuh 1000 km munkin ada kerusakan pada rantai . kerusakannya demikian :
Kendor , lepas , mata rantai rusak , oblak / rusak , aus , Setelan rantai kaku .

Setellah rantai dengan jarak antara 8 – 11 mm .jika kamu tidak sanggu bisa minta bantuan bengkel motor .

Pantau Penutup rantai
Periksalah peuntup rantai apakah terpasang benar atau tidak .

Pakai Pelumasan rantai
Pakailah pelumas motor seperti oli khusu agar rantai tidak karatan dan saat dipakai jalan tidak berisik.

Bersihkan rantai dan gear
lakukanlah pembersihan secara rutin oada  rantai dan gear  . anda bisa saja  menggunakan cairan khusu dan bensin . caranya : gunakan bensi dan kuas untuk mebersihkan rantai dan gear dan tunggu sapai kering lalu kasih pelumas .

BACA JUGA:  Tips Cara Hemat Bahan Bakar Motor baru dan Lama yang Ampuh

Pakai suku cadang yang ori
Jika Gear dan Rantai  perlu diganti maka pakailah  Original

Cara Merawat Aki / Battery rmotor

1. jika seminggu saja aki tidak dipakai bisa jado penyeababaki lemah maka hidupkanlah motor anda paling tidak hanya sekedar memanaskan nya.

2. Penggunaan electric starter setiapa menghidupkan motor tapi kalau di pagi hari gunkanlah kick starter atau engkol .

3. jauhkan  goncangan fisik berlebihan waktu mengenderai motor apalagi jika jalan yang kamu tempuh jalan bebatuan yang rusak .

4. Tijaulah cok terminal kabel aki pastikan tidak lembab dan tertutup rapi untuk menghindari koslet .

5. Bila starter 1-2 kali tekan  tapi mesin gak hidup maka jangan tekan terus sebabiknya berii jeda minimal 5 detik saja .

 Cara Merawat Motor bagian Mesin

Sekarang kita beralih kepada cara merawat mesin motor  . ini penting sekali kita ketahui sebab motor tanpa mesin yang normal sama saja dengan bangkai . 

1. Lakukanlah pemeriksaan terhadapa  busi motor atau honda setiap jarak 12 KM . Jika sudah tidak layak maka ganti .

2. Lakukan pengecekkan pada  filter kabulatror . Pada motor  Filter kabulator ada 2 macam yaitu  basah dan yang kering.sekarang ini motor – motor  tipe kering. perwatannya cukup  semprot menggunakan kompresor. namun bila a kebetulan  filter basah  maka bisa nada bersihkan denagn penggunaan bensin atau  oli.

3. Sebelum anda menggunkan kenderaan maka panaskanlah mesin . Panaskanlah 1 – 2 menit spaya  sirkulasi oli bisa melumasi mesin yang bergerak dengan baik tapi jangan lama-lama karena bisa kering pada kenalpot.

Demikianlah  artikel Cara Merawat Motor Baru Rantai , Aki , Battery , Mesin Yang Benar semoga manfaat dan jika ada saran tambahkan di kolom komentar juga jangan lupa share .

BACA JUGA:  Obat Ngantuk Saat Membawa Mobil, Motor, dan di Kantor

Artikel Cara Wanita ini dikenal, sbb :

TIPS MERAWAT MESIN MOTOR BARU -

Leave a Comment