Welcome to Cara-wanita.com

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)
Cara Membasmi Tikus, Curut, Got di Dapur Rumah dan Sawah secara Alami - Cara Wanita
Kesehatan

Cara Membasmi Tikus, Curut, Got di Dapur Rumah dan Sawah secara Alami

Cara Membasmi Tikus – Tikus adalah mamalia binatang pengerat yang suka tinggal sama kita bangsa manusia. Tikus tidak hanya merugikan karena kelakuannya yang membuat barang-barang rusak, makan makanan kita tanpa izin dan membuat orang yang takut tikus jadi ketakutan. Tetapi juga dapat menyebarkan bibit-bibit penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia seperti leptospirosis, pes, dan lain sebagainya.

Nama tikus yaitu tikus rumah, tikus sawah, tikus tanah, tikus curut dan tikus got. Ada lagi satu jenis tikus yang oleh segelintir masyarakat dibudidayakan yaitu tikus putih.

Cara Membasmi Tikus , Curut , Got di dapur dan Sawah Secara Alami

Nah, kita sekarang akan membahas cara membasmi tikus di atas dengan cara alami:

1. Daun kemangi, selain enak dibuat untuk lalapan ternyata bisa juga digunakan untuk mengusir tikus dari rumah kita. Caranya cukup mudah dan praktis, yaitu dengan menebarkan daun-daun kemangi itu ke tempat yang sering dilalui tikus atau bisa juga daun tersebut diletakkan di sarang tikus maka itu akan membuat tikus tak akan betah di rumah Anda.

2. Jika anda mempunyai sabun batangan, maka coba anda letakkan sabun batangan di tempat-tempat yang biasanya dilalui oleh tikus rumah, ini bertujuan untuk mencegah tikus datang ke rumah anda dan tikus tidak mendekat lagi ke rumah anda.

3. Coba anda gunakan buah mengkudu atau pace untuk mengusir tikus, yaitu caranya anda potong buah mengkudu menjadi beberapa bagian. Kemudian anda letakkan pada tempat-tempat yang biasanya didatangi oleh tikus. Aroma dari mengkudu akan membuat tikus enggan untuk mendekat, dan jika aromanya telah menghilang maka gantilah dengan yang baru, lakukan hal tersebut selama beberapa hari, maka tikus tidak akan berani datang lagi ke rumah anda.

4. Kita tahu bahwa salah satu predator dari tikus yaitu kucing, maka tak ada salahnya anda memelihara kucing di rumah anda karena tikus takut sama kucing. Tentunya ini akan membuat tikus takut untuk datang lagi ke rumah anda.

BACA JUGA:  Cara Mengusir Tikus dari Rumah

5. Diantara spesies tikus ada yang namanya celurut. Celurut berbentuk kecil, badan serta moncongnya agak panjang. Celurut ini gemar masuk ke dapur, kebawah meja, kursi-kursi serta ke tempat-tempat yang agak gelap. Celurut sangat bau dan apabila lewat selalu meninggalkan kotoran yang juga berbau tidak sedap.

Cara mengusir tikus celurut ini, gunakan saja dahan sirsat (nangka belanda). Caranya ambillah beberapa dahan sirsak yang masih berdaun, lalu letakkan di tempat-tempat yang biasa dilewati oleh tikus celurut ini. Bau dari dahan sirsak itu mampu membuat tikus-tikus kecil ini tak berani lagi keluyuran di rumah kita.

6. Coba anda taruh saja jangkrik di tempat yang biasa dilewati oleh tikus-tikus itu. Sebaiknya, jangkrik tersebut ditaruh didalam tempat yang memudahkannya leluasa untuk bergerak. Jangkrik akan mengerik pada siang dan malam hari bila tempatnya gelap. Tikus-tikus akan ketakutan mendengar suara jangkrik tersebut. Mereka pun tak akan berani keluar atau mungkin pindah tempat karena ketakutan. Tapi anda jangan lupa untuk memberikan makanan pada jangkrik anda agar tidak mati kelaparan.

7. Oleskan minyak yang berasal dari daun mint (Mentha codifolia) pada selembar karton dan letakkan di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Tikus tidak akan datang lagi ke tempat itu karena tikus tidak suka bau mint.

8. Hancurkan secara kasar saja beberapa buah kapur barus (Dryobalanops aromatica) kemudian sebarkan di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus. Cara ini cukup efektif dan murah meriah. Tikus pergi, rumah Anda pun wangi.

Tips Cara Membasmi Tikus Sawah

Sawah bapak banyak tikusnya? Jangan khawatir kami akan memberikan beberapa solusi yang efektif dan ampuh untuk mengusir tikus dari sawah anda.

Cara Membasmi Tikus , Curut , Got di Dapur Rumah dan Sawah Secara Alami

1. Coba dengan cara tanam dan panen serempak

Dalam satu area sawah, diusahakan agar selisih waktu tanam padi ataupun panen tak melebihi 2 minggu. Hal itu dilakukan buat membatasi ketersediaan padi generatif sebagai pakan, sehingga kemungkinan terjadinya perkembangbiakan tikus dapat diminimalisir.

2. Cobalah dengan cara sanitasi habitat

Langkah ini dapat dilakukan selama musim tanam padi. Caranya ialah dengan membersihkan semak-semak pada sarang primer tikus. Dapat saja di sekitar jalan sawah, tanggul irigasi, batas perkampungan, parit, pematang sawah, ataupun saluran irigasi . Agar lebih paripurna boleh dilakukan pemugaran ukuran pematang sawah, agar tak dimanfaatkan bersarang tikus.

BACA JUGA:  Cara Membasmi Rayap di Plafon Rumah, Kusen, dalam Tanah dengan Cara Alami dan Cepat

3. Cobalah dengan razia massal

Langkah ini dilaksanakan secara serentak, pada ketika awal tanam nan melibatkan petani dalam skala besar. Dalam kegiatan ini petani dapat menggunakan berbagai cara buat menangkap ataupun membunuh tikus. Semisal memanfaatkan anjing, ekskavasi sarang dengan cangkul, pemukulan dengan kayu, penjeratan ataupun dengan pengoboran di malam hari.

4. Cobalah dengan pengemposan atau fumigasi

Cara fumigasi bisa memperoleh hasil efektif, apabila sukses membunuh seluruh tikus nan menghuni di dalam sarangnya. Diawali dengan menutup lubang tikus menggunakan lumpur, namun setelah fumigasi dilakukan sarang tikus tak perlu dibongkar.

5. Cobalah dengan TBS (Trap Barrier System)

Trap Barrier System ini dapat diimplementasikan pada daerah endemik tikus, di mana saat pola tanam serempak. Dengan menggunakan TBS berukuran sekitar 20 x 20 m, diyakini dapat mengamankan padi dari agresi tikus pada sawah sekitar 15 ha.

6. Cobalah dengan (LTBS) Linier Trap Barrier System

Linier Trap Barrier System merupakan bentangan pagar nan terbuat dari plastik atau terpal, dengan tinggi sekitar 50 cm. Lantas ditegakkan dengan donasi bambu.

Di setiap jeda sekitar 1 m, dapat dilengkapi dengan perangkap. LTBS ini dapat dipasang pada daerah lokasi habitat tikus sawah atau dapat juga ketika terjadi perpindahan tikus.

Selain cara yang enam ini cara diatas juga bisa dilakukan untuk mengusir tikus. Selamat mencoba tips dan cara membasmi tikus ini semoga membantu.

Artikel Cara Wanita ini dikenal, sbb :

cara mengusir tikus curut -cara mengusir curut -tikus curut -cara membasmi tikus got -cara membasmi curut -cara membasmi tikus curut -cara mengusir tikus got -cara membasmi tikus di dapur -cara menangkap tikus got -cara mengusir tikus clurut -

Leave a Comment

1 komentar