Kesehatan

10 Cara Mengobati Gusi Bengkak, Bernanah, Berdarah, dan Sakit Gigi Berlubang secara Alami

Cara Mengobati Gusi Bengkak . Ada banyak cara mengobati gusi bengkak baik secara alami maupun dengan minum obat penghilang rasa nyeri. namun kebanyakan orang hanya mengatasi gusi bengkak dengan obat untuk menghilangkan rasa nyeri padahal efeknya hanya sementara, berbeda dengan cara mengobati gusi bengkak secara alami yang bisa menyembuhkan gusi yang bengkak secara permanen dan tidak akan kambuh lagi. untuk anda yang sering mengalami gusi bengkak alangkah baiknya membaca artikel tentang cara mengobati gusi bengkak ini sampai tuntas.
Penyebab paling umum dari pembengkakan gusi adalah adanya bakteri pada plak yang menginfeksi jaringan gingiva, sehingga terjadi infeksi kemudian membuat gusi bengkak, kemerahan, mudah berdarah, kadang sakit dan pada kasus lanjut akhirnya gigi menjadi goyang bahkan lepas. Biasanya selain membengkak, gusi juga berwarna merah terang mengkilap, mudah berdarah misalnya saat menyikat gigi, dan sering kali terjadi bersamaan dengan akumulasi tartar atau kalkulus (karang gigi) di sekitar permukaan gigi yang berbatasan dengan gusi dan berikut ini adalah informasi tentang cara mengobati gusi bengkak secara alami yang selengkapnya :

 

Cara Mencegah Gusi Bengkak

10 Cara Mengobati Gusi Bengkak , bernanah , berdarah , dan Sakit Gigi Berlubang Secara Alami
  • Sehabis makan, menjelang tidur, dan bangun tidur rajin-rajinlah menggosok gigi atau flossing.
  • Setiap enam bulan sekali setidaknya berkunjung ke dokter gigi untuk membersihkan kotoran pada gigi yang tidak bisa dihilangkan hanya dengan menyikat gigi (plak dan karang gigi).
  • Apabila mulut Anda sering kering, tanya pada dokter tentang obat kumur dan pasta gigi yang tidak membahayakan kondisi ini.
  • Makan buah atau minum suplemen yang kaya vitamin C, kalsium, dan asam folat untuk mencegah gusi bengkak.

 

Tips Cara Mengobati Gusi Bengkak

Inilah beberapa cara alami untuk mengobati gusi bengkak yang saat ini alami :

1. Teratur Menyikat Gigi

Menyikat gigi secara teratur adalah salah satu faktor terpenting yang harus anda lakukan, karena selain mencegah tumbuhnya bakteri jahat didalam mulut, menyikat gigi juga mampu mencegah datangnya berbagai penyakit mulut seperti sakit gigi maupun gusi bengkak

BACA JUGA:  Pengertian, Dampak dan Harga Bleaching Gigi

Lakukanlah salah satu dari berbagai macam cara mengobati gusi bengkak secara alami yang sudah tertulis diatas, pilihlah mana yang menurut anda paling mudah untuk dilakukan. mungkin cukup itu saja yang dapat admin Arkanpost.Com sampaikan seputar informasi yang membahas tentang cara mengobati gusi bengkak secara alami ini, semoga bermanfaat unuk anda semua. selamat mencoba dan semoga cepat sembuh.
2. Minyak Cengkeh

Sudah sejak lama minyak cengkeh terkenal akan khasiatnya yang ampuh dalam menyembuhkan segala macam penyakit di mulut. cara menggunakannya anda hanya perlu mengoleskan minyak cengkeh pada bagian gusi yang sakit secara teratur 3 kali sehari setelah makan dan lakukan cara tersebut sampai gusi bengkak anda benar-benar sembuh

3. Lemon dan Air Hangat

Peras air lemon secukupnya lalu campurkan dengan setengah gelas air putih hangat kemudian gunakan untuk berkumur, cara ini baiknya dilakukan sehari 2 kali

4. Banyak Minum Air Putih

Saat sedang mengalami gusi bengkak, air liur dalam mulut akan berkurang dan untuk menjaga air liur tetap banyak minumlah air putih yang lebih banyak dari hari biasanya. selain itu minum banyak air putih juga membantu membersihkan bakteri penyebab gusi bengkak

5. Air Garam Hangat

Campurkan air putih hangat dengan satu sendok garam atau secukupnya lalu gunakan untuk berkumur sampai merata. gunakan cara ini 2 kali sehari

6. Obat Kumur Alami

Anda bisa membuat sendiri obat kumur alami untuk menyembuhkan gusi bengkak. caranya cukup mencampurkan air dengan baking soda atau hidrogen periksoda lalu gunakan untuk berkumur

6. Obat penghilang rasa sakit

Pertama Anda bisa minum obat untuk mengurangi dan menghilangkan rasa sakit yang terjadi akibat gusi bengkak, yaitu analgesik yang dapat dengan mudah Anda temukan, contohnyaL ibuprofen, metampiron (antalgin), dan asam mefenamat.

  1. Antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi gusi dapat Anda minum sesuai anjuran dokter.
  2. Obat anti radang untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada gusi bengkak dan area lain dalam mulut. Sebelum mengonsumsi obat ini sebelumnya Anda sudah menyesuaikan dengan petunjuk dokter.
BACA JUGA:  5 Tips Cepat Memutihkan Gigi Kuning Berkarat Paling Ampuh

7. Bayam Duri

Bahan: Tanaman bayam duri dengan jumlah secukupnya.

Cara pemakaian: Bakar tanaman bayam duri menggunakan alas dari genteng dan setelahnya ditumbuk hingga halus. Gunakan ramuan herbal ini seperti salep, yaitu dioleskan pada bagian gusi yang sakit.

Asam Jawa (Untuk Menghilangkan Karang Gigi Penyebab Gusi Bengkak)

Bahan: Biji asamjawa (secukupnya).

Cara pengobatan: Sangrai bahan selama beberapa menit, kemudian tumbuk hingga hancur dan halus. Gosok pada gigi yang dilapisi karang dengan kain atau sikat gigi.

8. Kulit Andong

Bahan: Kulit andong dan garam (secukupnya).

Cara pembuatan: Bersihkan kulit andong dengan air, kemudian kupas dan tambahkan sedikit garam. Ramuan diaduk, kemudian oles pada tempat yang sakit.

9. Krokot

Bahan: Tanaman krokot (200 gram) dan air (3 gelas).

Cara pengobatan: Cuci kulit krokot, setelah itu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Tunggu dingin, minum air sampai habis.

10. Gambir

Bahan: Gambir (3 potong), empu kunyit (1/2 jari), dan air matang (2 gelas).

Cara pengolahan: Kedua bahan (gambir dan empu kunyit) dibersihkan, kemudian iris tipis-tipis. Rebus ke dalam panci yang telah berisi 2 gelas air sampai mendidin dan tersisa 1 gelas saja. Gunakan air rebusan untuk berkumur (setelah hangat). Pengobatan dilakukan 3 – 4 kali dalam sehari.

Itulah beberapa Cara Mengobati Gusi Bengkak yang dapat kami bagikan , Semoga manfaat dan jika gusi anda belum kunjung sehata segera periksakan ke dokter .

Artikel Cara Wanita ini dikenal, sbb :

gusi bengkak bernanah -obat gusi bengkak bernanah -gusi bernanah -obat gusi bernanah -gusi bengkak dan bernanah -cara mengobati gusi bengkak bernanah -mengobati gusi bernanah -cara mengobati gusi infeksi -cara merawat gusi bernanah -mengatasi nanah pada mulut -

Leave a Comment