Bayi dan Anak

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi . Terkadang ketika bayi rewel, orang tua kurang tahu apa penyebabnya dan masih menerka – nerka. Sebagai orang tua, maka wajib mengetahui setiap kondisi anak sampai gangguan yang sedang dialaminya. Seperti anak menjadi rewel karena lapar atau bisa juga karena gangguan pada saat masa peralihan pemberian ASI ke makanan pendamping.
Bayi sakit perut kembung sering terjadi terutama saat musim hujan dengan suhu dingin. Tapi banyak orangtua sangat terkejut betapa seringnya bayinya membuang gas, bayi tampak banyak menyimpan gas di dalam perutnya dan bayi yang sakit perut kembung sangat rewel. Gejala bayi kembung di antaranya banyak bersendawa, perut kembung, perut kram, dan rewel bahkan menangis sangat lama.
Walaupun sering terjadi, bayi sakit perut kembung bukanlah tanda dari masalah yang lebih besar. Bayi yang sakit perut kembung membuang angin kentut hingga 14-23 kali sehari adalah normal. Gangguan perut kembung bisa terjadi pada si kecil yang disebabkan oleh sistem pencernaan bayi yang belum sepenuhnya kuat, sehingga menyebabkan jumlah gas dalam saluran pencernaan menjadi meningkat. Gejalanya adalah perut membuncit tidak seperti biasanya, sering rewel dan menangis serta saat diketuk perlahan pada bagian tepi perutnya seperti ada udara atau disebut juga dengan perut kembung. Ketika si buah hati mengalami kembung, jangan langsung terlalu over panik atau kawatir, sebab hal tersebut wajar dan dapat diatasi dengan cara alami. Apa sajakah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut kembung pada bayi? Simak jawabannya berikut ini!
Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi
ilustrasi Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

 

Apa Penyebab bayi sakit perut kembung?

  • Terlalu banyak udara yang masuk melalui mulut bayi
  • Karena bayi sering menangis lebih dari anak yang lebih tua atau orang dewasa, bayi secara alami menelan lebih banyak udara dan memiliki lebih banyak gas di dalam perutnya yang menyebabkan sakit perut kembung. Bayi yang muda juga akan lebih sulit sembuh dari perut kembung daripada bayi yang lebih tua, anak-anak, dan orang dewasa.
  • Gas bayi sakit perut kembung dan Makanan bayi
    Perlu di ketahui bayi sakit perut kembung bisa di sebabkan karena makanan bayi itu sendiri. Meskipun tidak dianjurkan, beberapa orangtua memberikan bayi jus buah, yang berisi sorbitols alkohol gula yang mana bayi tidak dapat menyerap zat tersebut.
    Ada kemungkinan juga bayi Anda mengalami kesulitan mencerna beberapa makanan yang Anda makan yang ditransmisikan dalam ASI Anda. Seperti kacang-kacangan ( seperti kacang , kacang polong , dan lentil ) dan sayuran ( brokoli , kembang kol , kubis ) , susu , dan kafein yang terkandung dalam ( kopi , teh , minuman ringan , atau cokelat ) adalah penyebab umum. Tapi sebelum Anda mengubah pola makan Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda sehingga baik Anda maupun bayi Anda tidak kehilangan nutrisi penting.
BACA JUGA:  Obat Bayi Cacingan Alami

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Inilah cara mengatasi atau mengobati perut kembang pada bayi baru lahir , umur 2 bulan , 1 tahun , 2 tahun , dan seterusnya . Berikul langkah yang perlu kamu lakukan bunda :
1. Menepuk lembut bagian punggung bayi
Pada bayi berusia dibawah 6 bulan, pemberian ASI merupakan nutrisi utama sehingga lebih sering mengkonsumsi susu. Anda perlu untuk menepuk bagian punggung bayi dengan lembut sambil menggendongnya. Anda dapat melakukan ini selama satu sampai dua menit sampai bayi bersendawa. Kembung mulai menurun ketika bayi bersendawa.
2. Menggosok bagian perut bayi
Untuk mengatasi perut bayi yang kembung, anda dapat menggosok perut bayi dengan lembut, gunakan minyak telon untuk memberikan kehangatan di bagian tubuhnya. Langkah ini dapat mengatasi perut kembung pada anak-anak.
3. Memberikan air hangat
Ketika perut bayi kembung, anda dapat memberikan sedikit air hangat untuk diminumnya. Selain itu, Anda juga harus menggunakan air hangat untuk mandi bayi. Langkah ini dapat memulihkan kembung perut bayi.
4. Waspada dengan susu formula
Anda perlu waspada dengan susu formula yang dapat membuat beberapa perut bayi kembung. Anda perlu mengamati apakah bayi anda kembung perut setelah minum susu formula. Untuk beberapa waktu menghindari susu formula menjadi jalan terbaik.
5. Melakukan latihan untuk bayi anda
Anda perlu membiarkan latihan bayi. Salah satu latihan yang dapat diterapkan dengan memegang kakinya dan kemudian bergerak perlahan-lahan. Langkah ini dapat meningkatkan gerakan usus dan mempermudah bayi untuk membuang gas.
6. Membiarkan bayi anda aktif
Anda dapat mengisi waktu dengan bayi anda untuk bermain, anda perlu melibatkan bayi dalam kegiatan yang menyenangkan untuk membantu bayi mengeluarkan gad di dalam perutnya. Gerakan tubuh yang aktif dapat membantu bayi untuk mengeluarkan dari gas melalui sendawa.
Demikian Tips mengatasi perut kembung pada bayi , jika sudah melakukan hal demikian namun masih kembung coba konsultasikan pada dokter atu tim medis dan ibu rumah tangga yang sudah tahunan mengurus anak .

Artikel Cara Wanita ini dikenal, sbb :

Cara atasi bayi kembung akibat kopi -cara mengatasi kembung pada bayi -cara mengatasi perut kembung pada anak -cara mengatasi perut kembung pada anak umur 2 tahun -cara mengatsi perut kembung anak bayi umur2 bln -gusi berdarah karena gigi berlubang -Poto orang yg kembung -

Leave a Comment