Otomotif

Tips Cara Hemat Bahan Bakar Motor baru dan Lama yang Ampuh

Anak kost atau mahasiswa seperti saya memang sangat butuh pengiritan karena pemasukan yang minim dan pengeluaran terkadang saya lebih memilih geratis dari pada irit oleh karena itu maka saya akan memberikan  Cara Hemat Bahan Bakar Motor khusu bagi anda yang ingin mencoba cara saya 
Memper irit motor sangat gampang tanpa modifikasipun bisa ya itu jika jalan ke kampus kamu menurun matikan aja mensinnya hehehe pasti irit deah . 
Tips Cara Hemat Bahan Bakar Motor baru dan Lama  Yang Ampuh
Oke . Baiklah meri kita ketopik asal yaitu Cara Hemat Bahan Bakar Motor baru dan lama . Silahkan lihat dibawah ini.
1.Periksa Tekanan Ban
Ini pnting sebabbila tekanan angin tidak standar, efeknya keborosan BBM 10-25%. So jangan ragu untuk memastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.
2. Pemansan awal pada Mesin Motor
Dengan pemanasan mesin motor 2 atau 3 menit jangan kuatir tidak panas, karena motor-motor moerdn saat ini didesain lebih canggih , memanaskan mesin motor selama waktu tersebut sudah baik.
3. Atur Jarak Main Rem
Jarak rem sampai menempel, tentu akan bikin lari motor jadi berat. sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor. Makanya, atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakangminimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan. Jangan telalu rapat, karena dikhawatirkan kampas rem jadi menempel.
4. Perhatikan Jarak
Perhatikan juga sampai jarak berapa dari stang motor mulai bergerak. sekitar 50% dari jarak yang ada merupakan jarak yang baik. Jangan menggeber-geber gas tapi dengan tarikan yang halus dan stabil. Kemudikan motor secara baik dan benar dapat menghemat bahan bakar sampai 15%. Gerakkan gas dengan cara halus pada mesin yang menggunakan RPM meter, usahakan RPM tidak melewati 50% atau pertahankan kecepatan motor lebih sering pada antara 50-70 km/jam. Pada saat kecepatan di atas 70 km/jam.
5. Pelumas
Daya lumas oli yg baik mampu membuat
kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar
sempurna. Ini akan menciptakan power mesin lebih optimal, sehingga lari
motor lebih cepat (jarak tempuh jauh), namun bensin hemat. Ingat
pengantian oli secara rutin dan tak melebihi batas servis yang di
anjurkan (tiap 2.000-2.500KM) akan membuat performa mesin selalu segar
dan putaran yang lancar.
6. Kopling di stel dulu
Stelanya jangan sampai terlalu sensitif. Maksudnya, saat tuas kopling ditekan, cengkraman kampas kopling jadi cepat ngelos. Hal ini membuat kopling mudah selip saat gas di pelintir. Lari motor pun jadi tertahan, tapi putaran mesin meninggi. Selain itu, pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik. bisa sudah tipis/aus segeralah ganti baru.
7. Setting Klep
Celah klep terlalu longgar atau
rapat bisa bikin tenaga mesin loyo Pengendara pun cenderung menarik gas
lebih dalam demi meraih akselerasi cepat, efeknya, BBM banyak terpakai,
untuk itu, kerenggangan komponen ini harus disetel tepat sesuai jenis
motor masing-masingĀ.
8. Masalah Busi
Umur kerja busi, efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM. Lebih dari itu, performa busi mulai menurun. Hasil pembakaran di ruang bakar juga ngedrop, alhasil pemakaian BBM menjadi boros, sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna, tenaga mesin pun loyo. Oh ya, bila umur busi masih efektif, rajinlah dibersihkan saat servis rutin, sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas percikan busi. Selain itu, atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yg di anjurkan.
9. Servis/Setel Karburator (tidak berlaku untuk injeksi)
Di anjurkan tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran. Sehingga selalu didapat efek pengabutan bahan bakar yg sempurna. Selain itu, setelan ketinggian pelampung, sekrup udara atau pilot air screw juga sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin. Bila dilakukan tepat, dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.
10. Filter Udara
Filter jenis viscous element tak boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan. sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. Bila tampak kotor kudu diganti baru, tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci. Selain menghemat konsumsi BBM, tarikan motor pun jauh lebih enteng.
Demikian  Tips Cara Hemat Bahan Bakar Motor baru dan Lama  Yang Ampuh untuk sobat semoga manfaat . Selamat mencoba !

Artikel Cara Wanita ini dikenal, sbb :

motor lama irit bbm -

Leave a Comment