Tips Cara Menghilangkan Mata Ikan di Kaki

 Tips Cara Menghilangkan Mata Ikan di Kaki
Mata Ikan ( Foot Corn ) dalam medis dikenal dengan  Callous dan Corn.  Mata ikan adalah merupakan  kondisi penebalan kulit yang terjadi akibat terlalu sering tekanan ataupun gesekan terhadap kulit tersebut yang berkepanjangan dan menjadi tebal, meluas sehingga  menimbulkan rasa nyeri. Jika kondisi ini memberat lama-lama bisa menjadi borok atau ulkus pada penebalan tersebut.
Tpis Cara Menghilangkan Mata Ikan di Kaki
Mata ikan sering muncul di daerah  daerah tulang misalnya tumit. Mata ikan ini sendiri terdiri dari bagian kulit yang menebal yang ditengahnya terdapat sumber keratin yang teksturnya keras dikelilingi oleh daerah kulit yang mengalami peradangan. Biasanya Mata ikan berukuran seperti kacang. Rasa sakit yang dirasakan penderita adalah karena adanya mara ikan yang tertekan dan terinjak sehingga bagian dalam yang teriritasi bergesekan langsung dengan kulit.
Gejala Mata ikan
Gejala yang biasanya dirasakan adalah gatal-gatal di bagian kulit, juga munculnya benjolan berisi air yang makin lama semakin keras dan membesar, jika benjolan tersebut ditekan maka akan terasa sakit.
Berikut ini beberapa faktor penyebab mata ikan yaitu sbbb :
  1. Penggunaan sepatu yang terlalu sempit akan dapat menekan kaki.
  2. Penggunaan sepatu yang terlalu longgar akan menyebabkan terjadinya gesekan kaki terhadap sepatu karena adanya ruang kosong.
  3. Menggunakan sepatu dengan hak tinggi dan berlebihan mengakibatkan penekanan terjadi di bagian depan kaki.
  4. Memakai sepatu atau sandal tanpa mengenakan kaos kaki.
  5. Menggunakan sepatu dengan alas yang tipis karena akan menimbulkan tekanan yang lebih besar.
  6. Pemakaian kaos kaki yang tidak pas dengan ukuran dan bentuk kaki.
  7. Berjalan tanpa menggunakan alas kaki.
  8. Kondisi yang dapat menimbulkan tekanan dan gesekan yang terlalu berkepanjangan yang terjadi pada anggota tubuh.
  9. Bagi orang yang memiliki berat badan yang berlebihan akan menimbulkan tekanan pada kakinya yang lebih besar.
Jika anda melami mata ikan bisa anda atasi di rumah langkaha awalnya adalah  dengan cara mengurangi kulit yang menebal tersebut. Bisa dilakukan dengan menggosok daerah yang mengalami penebalan dengan batu apung atau bisa juga ,enggunakan sabut yang dibuat khusus untuk kulit. 
Sebelum melakukan penggosokan, disarankan agar bagian tersebut di rendam dengan air hangat dan juga sabun. 
Pengikisan terhadap kulit yang menebal tersebut sebaiknya dilakukan dengan cara bertahap, bisa juga menggunakan salep yang berisi asam salisilat 40% yang memiliki fungsi menghilangkan kulit mati. 
Pengikisan dapat juga dilakukakn secara manual dengan pisau medis akan tetapi prosedur tindakan ini tidak dapat dilakukan sendiri, harus dilakukan oleh dokter atau paramedis yang kompeten, dan terkhusus untuk penderita yang memiliki penyakit diabetes dan kelainan darah perifer.
Selain diaats ada cara alami menghilangkan mata ikan yaitu dengan menggunakan bawang putih yang merupakan salah satu cara terbaik yang dapat digunakan untuk menghilangkan mata ikan tersebut. Gunakan potongan bawang putih yang segar dan gosokkan pada daerah tersebut sekitar satu menit, atau bisa juga dengan menutup mata ikan dengan bawang putih yang telah ditumbuk kemudian diperban.
BACA JUGA:  Obat Varises Alami di Betis Kaki

Artikel Cara Wanita ini dikenal, sbb :

apakah mata ikan gatal -cara menghilangkan mata ikan di kaki -gatal disekitar mata ikan -MATA IKAN CARA MEMBASMIH -yg di rskan penderita mata ika -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Welcome to Cara-wanita.com

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)