Kemoterapi Kanker: Mengenal Pengobatan Kanker Kemoterapi

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang membahayakan . Kanker merupkan jenis tumor yang ganas , sedangkan tumor sediiri ialah pertumbuhan sel-sel yang berlebihan, dan jika terjadi suatu benjolan maka inilah yang dimaksud dengan tumor .

Karakteristik kanker bisa dibedakan menjadi dua  yaitu kanker yang tumbuh secara cepat dan lambat . Dan kemoterapi sendiri ialah  salah satu jenis pengobatan kanker atau pun terapi kanker yang biasa digunakan dalam dunia medis.
Pada umumnya pengobatan kanker ini terdiri dari tiga  jenis . Jenis pengobatan kanker tersebut ialah sbb :
  1. Operasi atau disebut dengan pembedahan. Tujuan operasi pada kanker adalah untuk mengangkat kanker secara keseluruhan karena kanker atau tumor ganas ini hanya dapat sembuh apabila belum menjalar ketempat lain atau pun organ tubuh lainnya.
  2. Kemoterapi atau pemberian obat-obatan.
  3. Radioterapi atau penggunaan sinar radiasi. Tujuan pengobatan kanker no 2 dan 3 ini adalah untuk membunuh sel-sel kanker atau menghentikan pertumbuhan sel-sel tumor ganas yang masih tertinggal.
Pengertian Kemoterapi
kemoterapi adalah proses pengobatan dengan pemberian obat-obatan yang bertujuan untuk membunuh atau memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.
Kemoterapi merupakan cara pengobatan kanker dengan jalan memberikan zat / obat yang mempunyai khasiat membunuh sel kanker.
Karena chemotherapy ini adalah pengobatan dengan menggunakan obat-obatan, maka obat kanker kita kenal juga dengan obat sitostatikayaitu , suatu zat-zat yang dapat menghambat proliferasi daripada sel-sel kanker.
Tujuan kemoterapi ini. Diantara tujuannya adalah untuk :
  1. Peyenmbuhan.
  2. Meningkatkan kelangsungan hidup dan memperbaiki kualitas hidup. Inilah salah satu tujuan pemberian kemoterapi tersebut.
  3. Mengurangi massa tumor selain pembedahan atau radiasi.
  4. Mengurangi komplikasi akibat metastase sel kanker.
Selaikhemoterapi ini mempunyai tujuan, maka ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari pengobatan kemoterapi ini. Dan berikut beberapa manfaat . manfaat kemoterapi itu sendiri ialah  :
  1. Pengobatan. Beberapa jenis dari berbagai macam jenis kanker dapat disembuhkan secarakelar .
  2. Mengurangi gejala kanker. Kemoterapi bermanfaat untuk mengurangi gejala yang timbul pada penderita tumor ganas, seperti meringankan rasa sakit dan memberi perasaan lebih baik serta memperkecil ukuran kanker pada daerah organ bagian tubuh yang ada kankernya .
  3. Menghambat perkembangan kanker. Manfaat pengobatan kanker yang dilakukan secara kemoterapi adalah menghambat perkembangan sel kanker agar tidak bertambah besar atau menyebar ke jaringan organ tubuhlainnya .
Namun disamping mempunyai manfaat Kemoterapi juga memilik efek samping pada seseorang Efek samping kemoterapi diantaranya ialah :
Kemoterapi Kanker : Mengenal Pengobatan Kanker Kemoterapi
Kemoterapi Kanker
  1. Anemia /kurang darah, 
  2. Sariawan / gusi berdarah, 
  3. Pelupa,
    Diare, 
  4. kerontokan rambut,
  5. Tanda gejala menopause.
  6. Rambut Rontok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Welcome to Cara-wanita.com

Kl1k klose (x) 2x untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung :)